PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILL PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Hermi Yanzi

Abstract


The aim of this research was to analyze and to describe the implementation of Problem Based Instruction Model to increase students civic skill at SMPN 3 Tegineneng, Academic Year 2014/2015. The research used Classroom Action Research. Based on the research, it was known that PKn learning by implementing PBI Model for students through Classroom Action Research gives students motivation during learning proccess, guides students entirely, students are looked active during the learning process, provides more time to interact with students, and gives feedback as soon as possible which is proved that it can increase the students learning activity. It can conclude that students civic skill has increased il line with the research success target that had been decided. With the data acquisition in cycle I is 52,73%, increase in cyle II which is 70,31% and 81,22% in cycle III.

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem based instruction (PBI) untuk meningkatkan civic skill siswa di SMPN 3 Tegineneng Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan menerapkan model PBI pada siswa melalui penelitian tindakan kelas, divariasikan dengan memberi motivasi siswa pada proses pembelajaran, membimbing siswa secara menyeluruh, siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan menyediakan waktu lebih banyak untuk berinteraksi dengan siswa, serta memberi umpan balik sesegera mungkin terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa meningkatnya aktivitas belajar siswa, maka indikator civic skill siswa juga mengalami peningkatan sesuai dengan target keberhasilan penelitian yang ditetapkan. Perolehan data pada siklus I sebesar 52,73%, meningkat pada siklus kedua sebesar 70,31% dan sebesar 81,22% pada siklus III.

Kata kunci: civic skill, PBI, PKn



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi VI). Jakarta: PT. Rineka cipta.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Udi n, Dasim B. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Perspektif Internasional. Bandung: Widya Aksara Press.

Wahab, Abdul Aziz & Sapriya. 2008. Toeri dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Upi Press.

Winarno, B. 2013. Globalisasi: Peluang atau Ancaman bagi Indonesia. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Progresif




View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.