Pengaruh LKS Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Eka Novita Sari, Ratu Betta Rudibyani, Emmawaty Sofya

Abstract


Abstract: The Effect of Problem Solving Based Worksheet to Improve Students Critical Thinking Skill. This research aims to describe the effect of using problem solving based worksheet to improve students critical thinking skills. The research design used is non equivalence pretest posttest control group design. The sample of this research were students in class X MIPA 2 as control class and X MIPA 3 as experiment class, which were selected by cluster random sampling. The research data consisting of the values of pretest, posttest and n Gain. The effect of worksheet to improve students critical thinking skill is calculated using the effect test formula. The results of data analysis and calculations show that worksheets applied to the experimental class have a greater effect than the control class. Therefore, it can be concluded that problem solving based worksheet has been taken effect to improve students critical thinking skills.

Keyword: problem solving based student worksheet, critical thinking, electrolyte and non elektrolyte solution.


Abstrak: Pengaruh LKS Berbasis Problem Solving untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis problem solving untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah non eqivalence pretes postes control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen, yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian terdiri dari nilai pretes, postes dan n Gain. Besarnya pengaruh LKS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dihitung menggunakan rumus uji pengaruh (effect size). Hasil analisis data dan perhitungan menunjukkan bahwa LKS yang diterapkan pada kelas eksperimen memiliki pengaruh yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis problem solving berpengaruh untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Kata kunci: LKS berbasis problem solving, keterampilan berpikir kritis, larutan elektrolit dan non elektrolit.

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v19i2.pp75-86


Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. 2017. Mengembangkan Instrument Pengukur Critical Thinking Skill Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal Theorems, 1(2) : 92-100.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Pene-litian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Busnawir. 2015 . Kajian Keteram-pilan Berpikir Kreatif Matema-tika Melalui Kegiatan Lesson Study. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2) : 159-161.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assited Learning on Student Achievement in Turkey: a Meta Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1), 99-118.

Ennis, R. H. 1989. Critical Thingking and Subject Specificity Clarification and Needed Research. Journal Education, 18(3) : 4-10.

Ennis, R. H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions And Abilities. University of Illinois : Chicago.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajaran Ten-tang Struktur Atom Dari SMA Hingga Perguruan Tinggi. (Disertasi). Perpustakaan Uni-versitas Pendidikan Indonesia.

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen, & H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education Eigth Edition. McGrow-Hill : New York.

Hake, R. R. 1998. Interactive-Engagement Versus Traditional Methods, A six ThousandStudent Survey of Mechanics Test Data For Introductory Physics Coures. American Journal of Physics, 66(1): 67-74.

Hidayat, T. 2014. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS)Berbasis Problem Solving Polya Pada Konsep Fluida Dinamis Terhadap Kemampuan Menganalisis Siswa. (Skripsi). Universitas Islam Negeri Syarif Hidaya-tullah. Jakarta.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forumin Planning for Science Instruction. Juornal of Turkish Science Education, 11(4):3-16.

Lambertus., Bey, A., Anggo, M., Fahinu., Sudia, M., dan Kadir. 2014. Developing Skills Resolution Mathematical Primary School Students. International Journal of Education and Research, 2(10): 601- 614.

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompe-tensi. Akademia Permata : Padang.

Maemunah. 2018. Kebijakan Pendidi-kan Pada Era Revolusi Industri. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Man-dala, Universitas Muhammadiyah Mataram, 29 September.

Malahayati, E. N. 2017. Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Krtitis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Blitar. Kontruktivisme, 9(2) : 14-158.

Nisa, D. K. 2015. Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(5).

Pramesti, E.T. 2017. Pengembangan LKS Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6(1).

Prianto dan Harnoko. 1997. Perangkat Pembelajaran. Depdikbud : Jakarta.

Sudarisman, S. 2015. Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Flora, 2(1) : 29-35.

Sudjana, N. 2009. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo: Bandung.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito: Bandung.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Anugrah Utama Raharja: Bandar Lampung.

Widowati, A. 2009. Pengembangan Critical Thinking Melalui Penerapan Model PBL (Problem Based learning) Dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Pendidkan dan Penerapan MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei.

Wijaya, E. Y., Sudjamat, D. A., & Nyoto, A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matema-tika, Volume 1 tahun 2016, Universitas Negeri Malang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.