Aplikasi Android Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Sejarah Multikultural Untuk Meningkatkan Historical empathy Siswa SMA N 2 Kota Metro

Sumargono Sumargono, Suparman Arif

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran sejarah yang sesuai kebutuhan siswa di daerah dengan memadukan ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satunya adalah aplikasi android interaktif sebagai media pembelajaran sejarah multikultural untuk meningkatkan historical emphaty siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D) yang diadaptasi dan dimodifikasi Borg&Gall. Prosedur langkah kerja dalam penelitian meliputi; 1) studi pendahuluan; 2) pengembangan media; 3) implementasi penggunaan media; 4) uji efektivitas produk. Uji efektivitas produk dilakukan dengan metode eksperimen. Berdasarkan analisis hasil uji kefektifan, hasil post test kelas eksperimen (menggunakan modul yang dikembangkan) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (menggunakan media PPT). Pernyataan tersebut dibuktikan berdasarkan data dari hasil analisis SPSS 16 diketahui signifikan pada 0,000 < 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Karena rerata nilai tes sikap historical empathy kelas eksperimen (kelompok yang dikenai media yang dikembangkan) = 72,57 > rerata nilai tes sikap historical empathy kelas kontrol (kelompok yang dikenai media PPT) = 66,90 sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan sikap historical empathy peserta didik. Uraian tersebut diatas membuktikan bahwa produk media aplikasi android interaktif sebagai media pembelajaran sejarah multicultural yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan sikap historical empathy siswa.

Kata Kunci: Media Android, Multikultur, Pembelajaran Sejarah

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v5i2.102-110


Full Text:

PDF

References


Abildinova, G. M., Alzhanov, A. K., Ospanova, N. N., Taybaldieva, Z., Baigojanova, D. S., & Pashovkin, N. O. (2016). Developing a Mobile Application" Educational Process Remote Management System" on the Android Operating System. International Journal of Environmental and Science Education, 11(12), 5128-5145.

Almisreb, A., Mulalić, H. H., Mučibabić, N., & Numanović, R. (2019). A review on mobile operating systems and application development platforms. Sustainable Engineering and Innovation, 1(1), 49-56.

Amirullah, G., & Susilo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Konsep Monera Berbasis Smartphone Android. Wacana Akademik, 2(1).

Arda, S. S., & Darsikin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Komputer Untuk Siswa SMP Kelas VIII. E-Jurnal Mitra Sains, 3(1), 69–77.

Assante Perrotta, K. A, Buku More than a Feeling: A Study on Conditions that Promote Historical Empathy in Middle and Secondary Social Studies Classes with, The Elizabeth Jennings Project. 2016

Basri, M., & Sumargono. (2018). Media Pembelajaran Sejarah. Graha Ilmu.

Chalimi, I. R. (2023). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multikultural Pada Mata Pelajaran Sejarah. HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2023). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning. john Wiley & sons.

Hakim, B. R., & Haryudo, S. I. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Flash Pada Standar Kompetensi Memasang Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Sederhana di SMK Walisongo 2 Gempol. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 15–21.

Handy, M. R. N. (2021). Pembelajaran Sejarah Dalam Membangun Historical Awarness dan Sikap Nasionalisme Pada Peserta Didik. Prabayaksa: Journal of History Education, 1(1), 49. https://doi.org/10.20527/prb.v1i1.2196

Harahap, K. A. H. (2018). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar Negeri 097523 Perumnas Batu Vi Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).

Husna, L. A. (2021). Historical Empathy Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jakarta. HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(1), 67–78. https://doi.org/(DOI: https://doi.org/10.17509/historia.v4i1.28297

Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan articulate storyline. Jurnal Analisa, 6(2), 197-208.

Kustono, Y., & Minandar, F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal: Pemahaman Kontens Bagi Mahasiswa. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1).

Mashudy, M. (2008). Penerapan strategi pembelajaran kontekstual teaching and lerning (CTL) dalam pendidikan agama Islam di SLTP Negeri 2 Pujon (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Muzayyanna Zatulifa, M. Z., Riswandi, R., Fitriawan, H., & Akla, A. (2018). Application Based Android as A Development Of English Learning Media. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 8(4), 66-72.

Naim, N., & Ahmad, S. (2010). Pendidikan Multikultural, Konsep, dan Aplikasi. Ar Ruzz Media.

O’brien, P. (2006). Historiographical traditions and modern imperatives for the restoration of global history. Journal of global history, 1(1), 3-39.

Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS-Bagi Mahasiswa dan Umum. MediaKom.

Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53-60.

Reimers, F. M., & Chung, C. K. (Eds.). (2019). Teaching and learning for the twenty-first century: Educational goals, policies, and curricula from six nations. Harvard education press.

Trisiana, A. (2020). Penguatan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui digitalisasi media pembelajaran. Jurnal pendidikan kewarganegaraan, 10(2), 31-41.

Wiyanarti, E., Supriyatna, N., & Winarti, N. (2020). Pengembangan Sejarah Lokal Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Yang Kontekstual. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 9(1), 67–74.

Yilmaz, K. (2007). Historical empathy and its implications for classroom practices in schools. History Teacher. 40(3), 331–337. [26]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sumargono Sumargono, Suparman Arif

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141