Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Pengantar Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Galuh Sandi, Meyta Pritandhari, Nurdin Nurdin, Yon Rizal

Abstract


Penelitian ini mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) untuk mata kuliah Pengantar Akuntansi guna meningkatkan motivasi belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Lampung. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall, meliputi analisis kebutuhan, desain, validasi, uji coba, dan revisi. Instrumen penelitian mencakup angket motivasi belajar dan lembar validasi ahli. Hasil menunjukkan bahwa LKM ini valid, praktis, dan efektif, serta mampu meningkatkan motivasi belajar mahasiswa secara signifikan. LKM ini diharapkan menjadi media pembelajaran inovatif dan relevan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi di perguruan tinggi.

Kata Kunci: Lembar Kerja Mahasiswa, Pengantar Akuntansi, Motivasi Belajar, Pendidikan Ekonomi, Universitas Lampung

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v5i2.73-88


Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Arnila, R. A., & Ahyani, H. (2021). Peningkatan Pemahaman Dasar Akuntansi Mahasiswa melalui Penerapan Direct Instruction Dengan Media Worksheet. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 389. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.40853

Artini, N. W. ., Suarni, N. ., & Parmiti, D. P. (2023). Efektivitas Pengembangan E-LKPD Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1758

Asrori, M., & Lupy, D. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Student Team Achievement Division Pada SMP Muhammadiyah Palangkaraya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol 2 No.2 Juli, Tahun 2008, 3(2), 79–92.

Cahyaningsih, D. S., Taufiqurrahman, T., & Sulaksono, A. G. (2021). Using of the Learning Management System on motivation and learning outcomes in the “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” Program. Jurnal Penelitian, 18(2), 1–11. https://doi.org/10.26905/jp.v18i2.7047

Campbell, S., Greenwood, M., Prior, S., Shearer, T., Walkem, K., Young, S., Bywaters, D., & Walker, K. (2020). Purposive sampling: complex or simple? Research case examples. Journal of Research in Nursing, 25(8), 652–661. https://doi.org/10.1177/1744987120927206

Dewi, Y. C. (2023). Analysis of Student Response to the Utilizing of LMS in Applied Physics Course Post Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 9(1), 191–196. https://doi.org/10.29303/jpft.v9i1.5245

Erawati, N. K., Juliani, M., & Tarini, D. N. W. (2021). Evaluasi Pemanfaatan E-Learning Pada Pembelajaran Teori Di Prodi Kebidanan Fakultas Kedokteran UNDIKSHA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4493–4505.

Handoyo, S. (2018). Study Motivation, Academic Performance and Commitment Career in Accounting Profession. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(3), 366–375. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i3.8078

Lisnawati, D., Balkist, P. S., & Setiani, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kolaborasi dengan Team Assisted Individualy (TAI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa di SMP. Utile: Jurnal Kependidikan, 8(1), 30–39. https://doi.org/10.37150/jut.v8i1.1633

Nababan, K. R., Damayanti, E. A., & Dwinanda, F. O. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Berbasis Teknologi di FKIP UKSW. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 14(2), 137. https://doi.org/10.26418/jvip.v14i2.54833

Ndari, W., Maryana, M., & Listiana, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(1), 162. https://doi.org/10.29103/jpmm.v2i1.7302

Nisa, K., Buyung, B., & Fitriani, S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Himpunan Siswa Kelas Vii Smp N 10 Muara Bungo. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 23. https://doi.org/10.33087/phi.v2i1.23

Peni, N. R. N., Sumargiyani, S., & Prasetyo, P. W. (2023). Pengembangan e-LKM Terintegrasi Literasi Numerasi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Materi Analisis Vektor. Jurnal Tadris Matematika, 6(1), 115–128. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.1.115-128

Rizky, R., Zainuddin, M., & Murdiyah, S. (2022). Pengembangan LKPD Melalui Video Interaktif Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi dengan Penguatan Karakter Semangat Kebangsaan Kelas V SDN. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 933–943. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p933-943

Sengkoen, Y. (2022). Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Kreatif dalam Prakarya dan Kewirausahaan. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(8), 1332–1343. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i8.467

Sudiarti, Ni Wayan & Gede, J. (2020). Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Locus of Control terhadap Kualitas Laporan Keuangan LPD. E-Jurnal Akuntansi, 30(2), 3066–3080.

Syahnaz, A., Widiandari, F., & Khoiri, N. (2023). Model Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5295–5311. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8656

Utama, Z. P., & Festiyed. (2020). A meta-analysis study of the use of worksheet (LKS) based on research-based learning models. Journal of Physics: Conference Series, 1481(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1481/1/012064

Velasco, R. (2021). Student-related factors of academic performance: A case of non-accounting students in accounting module. The Research Probe, 1(1), 18–44. https://doi.org/10.53378/346500

Widiyani, N. L. I. A., & Badera, I. D. N. (2019). Pengaruh Motivasi, Biaya Pendidikan Dan Lama Masa Studi Pada Minat Mahasiswa Mengikuti PPAk. E-Jurnal Akuntansi, 29(1), 188. https://doi.org/10.24843/eja.2019.v29.i01.p13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Galuh Sandi, Meyta Pritandhari, Nurdin Nurdin, Yon Rizal

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141