Peran Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan karakter pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam membangun karakter peserta didik, serta mendeskripsikan peran pendidikan karakter pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam membangun karakter peserta didik di Taman Madya (SMAS). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pemikiran ki hadjar dewantara berperan dalam pembentukan karakter peserta didik yang difokuskan di SMAS Tamansiswa Teluk Betung Bandar Lampung. Peran pemikiran ki hadjar dewantara dalam pembentukan karakter peserta didik adalah membangun pendidikan di Indonesia sekaligus membangun karakter nasional peserta didik agar memiliki kecerdasan berfikir serta memiliki karakter yang baik yang mencerminkan dirinya serta bangsa Indonesia. Karakter nasional tersebut mencangkup religius, jujur toleran, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semngat kebangsaan cinta tanah air.
Kata Kunci: Peran, Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, Karakter Peserta Didik
Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v5i2.63-71
Full Text:
PDFReferences
Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif (Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu).
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ahmadi, Abu. 1982. Sosiologi Pendidikan: Membahas Gejala Pendidikan Dalam Konteks Struktur Sosial Masyarakat. Jakarta: Bina Ilmu.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Badan Statistik. 2018. Statistik Kriminal 2018. Jakarta: Badan Pusat Statistik
Barnawi & M. Arifin. 2012.Strategi Dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Dalmeri. 2014. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character).
Jurnal Al-Ulum. ISSN 1412-0534. Vol. 14, No 1.
Darmawan, Putu Ayub. 2016. Pandangan dan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Salatiga: FKIP UKSW.
Dewantara, Ki Hadjar. 1961. Asas-asas dan Dasar-dasar Taman Siswa. Jogakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.
Dewantara, Ki Hadjar. 2013. Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka:
Jilid 1 Pendidikan. (Cetakan Kelima). Yogyakarta: Universitas Sriwijaya Tamansiswa (UST- Prees) bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hamidi. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: UMM press.
Haryanto. 2011. Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara. FIP Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan.
Herdiyansyah, Haris. 2012. APBN Pendidikan Dan Mahalnya Biaya Pendidikan. Jurnal Lentera Pendidikan. Vol. 13, No. 1.
Ihsan, Faud. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Izzaty, Rita Eka dkk. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Yokyakarta:
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Junaid, Hamzah. 2012. Sumber, Azas Dan Landasan Pendidikan (Kajian Fungsionalisasi secara makro dan mikro terhadap rumusan kebijakan pendidikan nasional).Jurnal Sulesana. Vol. 7, No. 2.
Kadir Abdul, Fauzi Ahmad, dkk. 2012. Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Kurniawan, Machful Indra. 2015. TriPusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar.Fakultas
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Journal of Social Science Education
Address:
Building N FKIP University of Lampung
Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1
Bandar Lampung City 35141