Peranan Guru PPKN dalam Menanamkan Civic Virtue Peserta Didik di SMA YP Unila Bandar Lampung

Yeti Novitasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang peranan guru PPKn dalam menanamkan Civic Virtue peserta didik di SMA YP Unila Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 410 peserta didik dengan sampel diambil sebanyak 11% yaitu 47 responden. Sampel dalam penelitian ini yaitu random sampling. Analisis data menggunakan rumus chi kuadrat dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penunjang menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh persentase sebesar 0,66 % berada pada kategori kuat, hal ini menunjukkan bahwa adanya peranan guru PPKn dalam menanamkan Civic Virtue peserta didik di SMA YP Unila Bandar Lampung memiliki keeratan yang kuat dan dapat dikatakan berperan.

Kata kunci: Peranan Guru, Civic Virtue

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v1i2.77-85


Full Text:

PDF

References


Adnan, M. Fachri. 2005. Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Pada Era Demokratisasi. Demokrasi Vol. IV No.1 Th. 2005.

Arif, Dikdik Baehaqi. 2017. Pengembangan Kebajikan Kewargaan (Civic Virtue) dalam Masyarakat Multikultural Indonesia: Peran Pendidikan Kewarganegaraan. Journal Civics & Social Studies Vol.1 No. 1.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Juhji, 2016. Peran Urgen Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol.10 No.1 Tahun 2016

Lubis, Mehta. 2019. Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0 . Jurnal Pendidikan, Hukum dan Bisnis. Vol 4 No 2 Tahun 2019

Manizar, Elly.2015. Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib Vol. 1, No 2. Desember 2015

Mariyani, 2018. Peran Guru PKN dalam Pembentukan Karakter Warga Negara. Literasi, Volume IX, No. 1 Tahun 2018

Mulyono, Budi. 2017. Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics Volume 14 Nomor 2, Oktober 2017.

Neo, Wahyudin. 2013. Peran Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Pkn) Dalam Membangun Karakter Siswa. Bekasi

Nofijantie, Lilik. 2012. Peran Lembaga Pendidikan Formal Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Siswa. Conference Proceedings Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS)XII: Surabaya

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Pasal 3

Pertiwi, Gita Rahmi. 2019. Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Sekolah Menegah Kejuruan Terhadap Mata Pelajaran PPKn di SMK Negeri 7 Bandar Lampung Thaun Pelajaran 2018/2019.Bandar Lampung.

Saputa, Angga Yudana. (2014). Peranan Karang Taruna Bangelan Putra Dalam Membina Kenakalan Remaja Di Desa Bagelan Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran Tahun 2014. Bandar Lampung

Soekanto,Soerjono. (2017). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Stamadova, Hermi, dan Yunisca. (2016). Peranan Tokoh Adat Dalam Mempertahankan Adat Tunggu Tubang Pada Masyarakat Semendo. Jurnal Kultur Demokrasi: Bandar Lampung

Subagyo, Joko. 2011. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2002.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. 2017.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Shelina, N., Yanzi, H., & Mentari, A. (2019). Peran Pembelajaran PPKn dalam Membentuk Sikap Demokratis untuk Meningkatkan Civic Disposition Siswa. Jurnal Kultur Demokrasi, 8(2).

Sutrisno, 2018. Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Warga Negara Global. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 6 No 1

Syarifa, Syifa. 2019 . Konsep Civic Virtue Machiavelli Dan Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia. Jurnal konsep Civic Virtue dan Pendidikan Kewarganegaraan. UNJ.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun disbanding Tahun 2015 ( Issue December 2019. https://doi.org/10.31219/osf.io/pcjvx. Diakses tanggal 20 Mei 2020

Undang - Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru Dan Dosen Bab I Pasal I

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional RI.

Wianto, Eko Pathi. 2009. Studi Analisis Pembentukan Civic Virtue Dalam Ruang Lingkup Norma, Hukum Dan Peraturan Di SMP Negeri 1 Gemolong Tahun 2009. Surakarta

Widianti, Nurul. (2017). Peran guru PKn dalam menanggulangi dampak negatif tayangan telivisi terhadap karakter siswa di SMP Gunungjati Kembaran tahun pelajaran 2015/2016. Purwokerto

Zurgobban, Zuhri 2016. Pembinaan Keadaban Kewarganegaraan (Civic Virtue) Dalam Bidang Sosial Melalui Program Pendidikan Damai (Peace Education) Pada Komunitas Peace Generation di Kota Bandung : Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Social Science Education

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141