Pengaruh Kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru 3M Terhadap Tingkat Kepatuhan Masyarakat

Ahman Tosy Hartino, Muhammad Mona Adha, Yunisca Nurmalisa, Berchah Pitoewas

Abstract


Pandemi Covid-19 saat ini masih berlangsung, baik secara global maupun secara nasional. Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda pandemi ini akan berakhir walupun secara global dan nasional program vaksinasi sudah berjalan tetapi hal tersebut belum menjadi jaminan sepenuhnya terhindar dari bahaya Covid-19. Sementara itu, untuk meminimalisir bahaya Covid-19 yang bisa saja semakin besar,  pemerintah Indonesia sendiri mengeluarkan kebijakan. Pemerintah, terhitung sudah mengeluarkan beberapa kebijakan semenjak Covid-19 masuk ke Indonesia seperti kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kebijakan adaptasi kebiasaan baru(AKB), dan kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro (PPKM). Kebijakan adaptasi kebiasaan baru, merupakan salah satu kebijakan yang membuat kita agar tetap bisa beraktifitas di tengah kondisi Covid-19 dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan melihat bagaimana pengaruh kebijakan adaptasi kebiasaan baru 3m terhadap tingkat kepatuhan masyarakat. Metode yang digunakan dalam karya penulisan ini menggunakan pendekatan kuanitatif. Hasil dari artikel ini membahas mengenai presentase hasil dari kuisioner yang disebarluaskan kepada responden berkaitan dengan pengaruh kebijakan adaptasi kebiasaan baru 3m terhadap tingkat kepatuhan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Adha, M. M. 2015. Pendidikan Kewarganegaraan Mengoptimalkan Pemahaman Perbedaan Budaya Warga Masyarakat Indonesia dalam Kajian Manifestasi Pluralisme di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 14 (2), 1-10.

Adha, M. M. 2019. Advantageous of Volunteerism Values for Indonesian Community and Neighbourhoods, International Journal of Community Service Learning, 3 (2), 83-87.

Adha, M. M dan Erwin, S. 2020. Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 15 (1), 1-10.

Adha, M. M. (2015). Pendidikan kewarganegaraan mengoptimalisasikan pemahaman perbedaan budaya warga masyarakat indonesia dalam kajian manifestasi pluralisme di era globalisasi. Jurnal ilmiah mimbar demokrasi, 14(2), 1-10.

Adha, M. M., Parikesit, H., Perdana, D. R., Hartino, A. T., & Ulpa, E. P. (2021). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran PKn di Masa Pandemi Covid-19 demi Masyarakat Taat PSBB.

Babadu, J.S dan Zain. 2001. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Blass, T. 1999. The milgram paradigm after 35 Years: Some things we now know about obedience to authority. Journal of Applied Social Psychology. 29 (5), 955-978.

Dzulhijah. 2020. Keefektifan Program Generasi Berencana (Genre) Kota Surakarta Dalam Penguatan Civic Responsibility. E Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kewarganegaraan. "Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia Pada Era Digital".

Gunia, A. 2020. Will the Coronavirus Ever Go Away? Here’s What One of the WHO’s Top Experts Thinks. Retrieved June 2 from Pulic Health.

Hartino, A. T., Adha, M. M., Rifai, A., Ulpa, E. P., & Supriyono, S. (2021). Eksistensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Meningkatkan Civic Responsibility di Masa Pembelajaran Daring.

Hugiono dan Poerwantana. 2000. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: PT. Bina Aksara.

Kelman. 1958. Compliance, Identification, and internalization. Thres proces of atitude change. Journal of conflict resolution.

Lunenburg. 2012. Compliance theory and organizational efektivenes. Internasional journal of scholary academic intellectual diversity, 14 (1), 1-10.

Louis Gottschalk. 2000. Mengerti Sejarah. Depok: Yayasan Penerbit Universitas Indonesia.

M. Solly Lubis. 2007. Kebijakan Publik. Bandung : Penerbit CV.Mandar Maju.

Milgram, S. 1963. “Behavioral Study of Obedience,” Journal of Abnormal and Social Psychology, 67:371–378.

McLeod, S. A. 2007. Milgram Experiment. Retrieved from Pearson Prentice Hall.

Nurmalina & Syaifullah. 2008. Memahami Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Lab PKn.

Noeng Muhadjir. 2000. Ilmu pendidikan dan Perubahan Sosial. Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif.Yogyakarta : Raka Sarasin.

Rifai, A., Adha, M. M., Hartino, A. T., Ulpa, E. P., & Rhosita, R. Keterlibatan Warga Negara Muda dalam Memperkuat Sikap Moral di Lingkungan Masyarakat.

Syaifullah.2008. Ilmu Kewragenagaraan (Civic). Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT. Alfabeta.

Soerjono, soekanto. 2006. Penelitian hukum normatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141