FAKTOR TERHAMBATNYA PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP GURU TINGKAT SMA DI BANDAR LAMPUNG

Yulita Sari, Iskandar Syah, Muhammad Basri

Abstract


The purpose of this research was to know the cause factor of obstacle in the implementation of 2013 curriculum in SMA Bandar Lampung. The method in this research was qualitative research method. Data collecting, techniques used were interview sheets and questionnaire while for data analysis used descriptive analysis. The cause factors of the obstacle of the implementation 2013 curriculum in history learning was the result of the teacher training which was taught to the teacher in SMA in Bandar Lampung was not maximal. Most of teachers stated that the materials about concept of 2013 curriculum were not explained clearly, and the students which were not ready about scientific learning model yet.

Tujuaan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab terhambatnya penerapan Kurikulum 2013 terhadap guru Tingkat SMA di BandarLampung. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara dan angket sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriftif. Faktor penyebab terhambatnya penerapan Kurikulum 2013 terhadap guru tingkat SMA adalah tidak maksimalnya hasil pelatihan yang diperoleh oleh guru tingkat SMA di Bandar Lampung, sebagian besar guru menyatakan materi tentang konsep kurikulum 2013 belum tersampaikan dengan jelas, dan ketidak siapan siswa terhadap model pembelajaran saintifik.

Kata kunci: faktor, kurikulum 2013, guru tingkat SMA


Full Text:

PDF

References


Danim. 2002. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial kuantitatif dan kualitatif. Jakarta : Gaung Persada Press.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

A.M. Sardiman, 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Pedoman Bagi Skripsi, Jakarta, Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi, 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugiono. 2012 a. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajo Grafindo Persada.

Sugiono, 2012 b. Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Sugiono, 2012 c. Pengembangan Kurikulum 2013.Jakarta: Kementerian Pendidikan.

Sugiono, 2012 d. Metode Penelitian Ilmu Pengetahuan Sosial. Semarang: FKIP Semarang Press Cipta.

Sugiono, 2012 e. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiono.2012 f. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Suryabrata. 1991. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru, dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.