MODEL PEMBELAJARAN CO-OP CO-OPDALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 SIMPANG PEMATANG

Indah Sri Lestari, Maskun Maskun, Muhammad Basri

Abstract


The purpose of this research was to know the effectiviness of Co-op Co-op teaching model in learning of history at X grade students of SMA N 1 Simpang Pematang. The method of this research is qualitative research method. The data collecting technique is using observation, documentation and questionnaire. Whereas, to analyze the data the researcher using descriptive quantitative. Based on the result of the investigation, the researcher can conclude that the effectiviness of Co-op Co-op teaching model in learning of history at X grade students of SMA N 1 Simpang Pematang in academic year 2014/2015 is strong/effectif.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Co-op Co-op dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XSMA N 1 Simpang Pematang. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan kuesioner sedangkan untuk menganalisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.Berdasarkan hasil pembahasandapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan model pembelajaran Co-op Co-op pada pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA N 1 Simpang Pematang tahun pelajaran 2014/2015 dikatakan kuat/efektif.

Kata kunci : co-op co-op, efektifitas pembelajaran, pembelajaran sejarah


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.

Iskandar.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial kuantitatif dan kualitatif. Jakarta : Gaung Persada Press.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Slavin, Robert E. 2005.Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D.Bandung : Alfabeta Bandung.

Sukardi.2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Wahab, Abdul Aziz. 2012. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.