KREATIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SMAN 9 BANDAR LAMPUNG
Abstract
The research objective to be achieved is to determine how much the achievement of non-aptitude creativity using group investigation model in teaching history X IIS 4 grade at SMAN 9 Bandar Lampung 2014/2015 school year. The method used in this study was the experimental method. Data collection technique was observation. Data analysis technique was using descriptive statistical data analysis. The results showed that, overall look of creativity non-aptitude students at the first meeting of the overall indicator was observed at 122 behavior of 28 students or 43.6% and in the second meeting of the overall indicator changes the behavior of 28 to 154 students or 59.2% , and at the third meeting of each indicator was also change the behavior that is 175 of 28 students or 62.5%. This study concluded that the creativity of non-aptitude students of X IIS 4 grade has increased significantly, it can be proven by from the data obtained.
Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui seberapa besar capaian kreativitas non-aptitude menggunakan model group investigation dalam pembelajaran sejarah siswa kelas X IIS 4 di SMA Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan datanya observasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa, secara keseluruhan terlihat kreativitas non-aptitude siswa pada pertemuan pertama keseluruhan indikator yang diamati sebesar 122 prilaku dari 28 siswa atau 43,6% dan pada pertemuan kedua keseluruhan indikator mengalami perubahan menjadi 154 perilaku dari 28 siswa atau 59,2%, dan pada pertemuan ke tiga tiap-tiap indikator juga mengalami perubahan yaitu ada 175 perilaku dari 28 siswa atau 62,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas non-aptitude siswa kelas X IIS 4 mengalami peningkatan yang signifikan.
Kata kunci : group investigation, kreativitas, pembelajaran sejarah
Full Text:
PDFReferences
Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasan, Hamid. 2012. Pendidikan Sejarah Indonesia. Bandung: Rizqi Press.
Herdiansyah, Haris. 2013. Metoelogi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Kasan, Tholib. 2005. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta Timur: Studia Press.
Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Munandar, Utami. 1992. Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: Gramedia.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sangaji, Etta Mamang & Sopiah. 2010. Metodologi Penelitian dan Pendekatan Praktis Dalam Penelitian. Yogyakarta: Andy Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Motode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.