PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Yuni Istiani, Ali Imron, Suparman Arif

Abstract


This research was purposed to know the effect of using joyfull learning  and to know the significant level of the effect of using  joyfull learning on learning result on third level at SMP Negeri 1 Punduh Pedada.The method of the research was experimental method and used cluster random sampling technique by 34 students. This research used simple linear regression. Based on the data analize, the researcher got 40.1 %, influenced by joyfull learning and 59 % influenced by others factors and the significant was 0.633. The result of the research is joyfull learning influent significantly to students result and the significant by using joyfull learning was strong to students result.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran joyfull learning dan mengetahui taraf signifikan pengaruh penggunaan model pembelajaran joyfull learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Punduh Pedada. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Berdasarkan analisis data diperoleh 40.1 %, dipengaruhi oleh model joyfull learning dan sebanyak 59.9% dipengaruhi faktor lain. dan taraf signifikansi sebesar 0.633. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran joyfull learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan taraf signifikansi dari pengaruh penggunaan model pembelajaran joyfull learning  kuat terhadap hasil belajar.

Kata kunci: hasil belajar, joyfull learning, pengaruh


Full Text:

PDF

References


Amri dan Ahmadi. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran. Prestasi Pustaka Karya. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: BinaAksara.

Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Aswan dan Syaiful 2006. Strategi Belajar Mengajar.Rineka Cipta. Jakarta.

Daryanto. 2009. Panduan Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Publisher. Jakarta.

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Purwanto. 2008. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sudjana. 2008. Metode Statistika. PT. Tarsito. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Syofian, Siregar. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.