PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Education is a think which is absolutely must be completed as good learning experience directly or indirectly became the foundation of students attitude changing. One of indicator to measure students success is reaching Minimal Completeness Criteria. The purpose which is going to reached in this research is to find out wheter there is increasing students learning achievement. The sample of this research is class VII A and VII B. The sample is taken by using purposive sampling technique. Based on student achievement results of the study are taught using cooperative learning model script higher with an average value of 82,08.
Pendidikan merupakan sesuatu yang mutlak harus dipenuhi sebagai pengalaman belajar yang baik secara langsung maupun tidak langsung menjadi dasar dalam perubahan tingkah laku siswa. Salah satu tolok ukur keberhasilan siswa adalah tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIIA dan VIIB dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian presatasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dengan nilai rata-rata 82,08.
Kata kunci: cooperative script, pengaruh, prestasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1987. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta:Bina Angkasa.
Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi VIII. Jakarta: Grafindo.
Arikunto, Suharsimi.2011.Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT.Bumi Aksara.
Mardalis.2008. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi, Hadari. 1987. Metode Penelitian Bidang Sosial. Jakarta: Gajahmada University Press.
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik.2005.Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta:PT.Bumi Aksara.
Riduwan, N. 2003. Dasar-Dasar Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2008. Statistik untuk Penelitian .Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono.2012.Metode PenelitianPendidikan.Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2000. Metodologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rajawali Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.