PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DIGITAL UNTUK SEJARAH LOKAL: INTEGRASI ECOPEDAGOGY DENGAN SITUS PURBAKALA PUGUNG RAHARDJO

Bahtiar Afwan, Navil Alfarisi Abbas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Website Digitalmenggunakan Situs Purbakala Pugung Rahardjo sebagai objek pembelajaran sejarah lokal Lampung. Media ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap sejarah dan kebudayaan lokal serta memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan imersif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil uji coba yang dilakukan dalam tiga tahapan (kelompok kecil, kelompok besar, dan uji coba luas) menunjukkan bahwa media  ini efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah. Media ini memperoleh skor rata-rata antara 4.4 hingga 4.6, dengan penilaian sangat baik pada aspek tampilan produk, penggunaan produk, serta kualitas audio dan gambar. Selain aspek teknis, media  ini juga mengintegrasikan prinsip eko-pedagogi, mengajarkan siswa untuk memahami pentingnya pelestarian situs sejarah dan keberlanjutan lingkungan. Penggunaan  tidak hanya memperkenalkan sejarah lokal, tetapi juga menanamkan kesadaran ekologis kepada siswa. Berdasarkan hasil uji coba, media  berbasis Situs Purbakala Pugung Rahardjo dapat digunakan secara efektif dalam pembelajaran sejarah, memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan dan mendalam, serta memiliki potensi besar dalam pendidikan berbasis teknologi dan keberlanjutan.


Full Text:

PDF

References


Anderson, C., & Graham, J. (2012). The Role of History Education in Shaping National Identity. Journal of Educational Psychology, 44(2), 121-133.

Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, A. (2020). Revitalizing History Education with Digital Media: Challenges and Opportunities. Journal of Educational Technology, 15(1), 45-59.

Afwan, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Website Digital Berbasis Museum pada Materi Sejarah SMA. Journal of History Education Development, 28(3), 234-247.

Bailenson, J. N. (2018). Experience on Demand: What Website DigitalIs, How It Works, and What It Can Do. W. W. Norton & Company.

Gadotti, M. (2008). Ecopedagogy: A Pedagogy of Sustainability and Social Justice. International Journal of Sustainability Education, 1(4), 15-27.

Jensen, L. M., et al. (2019). Website Digital in Education: A Tool for Learning in the 21st Century. Educational Technology Research and Development, 67(3), 527-542.

Mikropoulos, T. A., & Natsis, A. (2011). Educational Virtual Reality: A Review. Computers & Education, 56(3), 630-643.

O'Neill, M. (2017). Eco-Pedagogy in History Education: A Model for Teaching Sustainable Development. International Journal of History Education, 22(2), 54-67.

Schneller, A. (2018). Eco-Pedagogy and Its Role in the Education of Sustainable Development: Implications for Teaching History. Journal of Educational Studies, 15(3), 101-115.

Zainuddin, M. (2017). Challenges in History Education: Teacher Perspectives and Student Engagement. Journal of Educational Research, 26(4), 153-169.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.