PERSEPSI SISWA TERHADAP EFEKTIVITAS MENGAJAR GURU SEJARAH DI SMA NEGERI KABUPATEN PRINGSEWU

Sisca Devita Aprilia, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this research is to determine perceptions of students toward effectiveness of teachers’ teaching in history study at senior high school in Pringsewu Regency that is seen from the aspect of the implementation of learning. This research used descriptive qualitative method. The sample of this research consisted of 48 respondents. Data collecting techniques used questionnaire and percentages to analyze the data.The results showed: (1) 91,67% the effectiveness of teachers’ teaching in apperception factor is very good based on perceptions of students, (2) based on perceptions of students, history teacher has high level of teaching effectiveness and exploration factor, the percentage is 95,83%, (3) based on students’ perceptions 87,5% history teacher has high level of teaching  effectiveness in elaboration factor, (4) 89,5 % level of teachers’ teaching effectiveness in confirmation factor very good and effective.       

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap efektivitas mengajar guru bidang studi sejarah di SMA Negeri se-Kabupaten Pringsewu dilihat dari aspek pelaksanaan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 48 responden. Teknik pokok pengumpulan data menggunakan angket dan untuk menganalisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukkan: (1) 91,67% tingkat efektivitas mengajar guru pada faktor apersepsi tergolong sangat baik menurut persepsi siswa, (2) 95,83% menurut persepsi siswa guru sejarah memiliki tingkat efektivitas mengajar yang sangat baik dan sangat efektif pada faktor eksplorasi, (3) menurut persepsi siswa 87,5% guru sejarah memiliki tingkat efektivitas mengajar yang sangat baik pada faktor elaborasi, (4) 89,5% tingkat efektivitas mengajar guru sejarah pada faktor konfirmasi tergolong sangat baik dan sangat efektif.

 

Kata kunci: efektivitas mengajar, guru sejarah, persepsi siswa

Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardalis. 2009. Metode Penelitian (Suatu Pendekatan Proposal). Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. 1996. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Moedjianto, 2000. Transformasi Pendidikan Memasuki Millenium Ketiga. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta: Kanisius.

Pasaribu, LL. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Permendiknas. 2007. Nomor 47 pasal 1 ayat 1

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Ruseffendi. 1994. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksata Lainnya. Semarang: Press. Semarang

Sayuti, Husin. 1989. Pengantar Metodologi Riset. Jakarta: Fajar Agung.

Soekartawi, DR. 1995. Meningkatkan Efektivitas Mengajar. Jakarta: Pustaka Jaya.

Surya, Sumardi. 1991. Metodologi Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali. Halaman: 72.

Suryobroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Halaman 3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.