Pengaruh Metode Permainan Crossword Puzzle Terhadap Minat Siswa Kelas XI IPS Mata Pelajaran Sejarah
Abstract
The purpose of this study was to determine the positive effect of the crossword puzzle method on student interest in the history subjects of the eleventh grade social student at Xaverius Pringsewu 2018/2019 Academic Year. This research uses the experimental method. The population in this study were eleventh grade Xaverius Pringsewu High School Year 2018/2019. The sample used is the entire eleventh grade social student selected using random sampling techniques. Quantitative data analysis techniques. Data analysis test uses simple linear regression test and correlation formula. Based on the results of research and discussion it can be concluded that there is a positive influence on the crossword puzzle method of student interest in the history subjects of social students at Xaverius Prinsewu High School Year 2018/2019.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif pada metode permainan crossword puzzle terhadap minat siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMA Xaverius Pringsewu Tahun Pelajaran 2018/2019. Peneitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Xaverius Pringsewu Tahun Pelajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan adalah seluruh kelas XI IPS dipilih menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data menngunakan kuantitatif. Uji analisis data menggunakan uji regresi liner sederhana dan rumus korelasi.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif pada metode permainan crossword puzzle terhadap minat siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS DI SMA Xaverius Prinsewu Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata kunci : crossword puzzle, minat belajar, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Djamrah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, R. (1996). Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Margono dan Rahayu. (2013). Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudaryono, et al. (2013). Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan. Jakarta: Graha Ilmu.
Sutikno, M. S. (2014). Metode & Model-Model Pembelajaran. Lombok: Holistica.
Refbacks
- There are currently no refbacks.