Hubungan Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekincau

Fuji Salimah, Ali Imron, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this study was to determine whether there is a significant relationship between student discipline and learning outcomes of eleventh grade social students’ history subject at SMA Negeri 1 Sekincau. Data collection technique in this study is quantitative with survey methods using product moment formula. The results of the study showed that 34 students had high learning outcomes because they were highly skilled, and 51 low discipline  students had low learning outcomes. The standard level of a significant level of 5% shows there is a significant relationship between student discipline and student history learning outcomes.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara disiplin siswa dengan hasil belajar Sejarah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sekincau. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode survei menggunakan rumus product momen. Hasil penelitian menunjukan 34 siswa hasil belajarnya tinggi karena disiplinnya tinggi dan siswa yang disiplinnya rendah 51 siswa hasil belajarnya rendah. Tingkat standar taraf signifikan 5% menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara Disiplin Siswa dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa.

Kata kunci: disiplin siswa, hasil belajar, hubungan


Full Text:

PDF

References


Abdullah, I. 2011. Sosiologi pendidikan (individu, masyarakat, dan pendidikan). Jakarta: PT. Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2013. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. 2002. Psikologi belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, S., & Zain, A. 2008. Rahasia sukses belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gaguk, M. et al. 2013. Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sukardi. 2008. Metodologi penelitian kopetensi & praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tu’u, T. 2004. Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: PT. Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.