Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik

Efi Yulia, Maskun Maskun, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this study was to find out "Whether the interests of learning history taught using student worksheets can be increased for the students of XII IPS in Yadika Natar High School". The method used is experimental research with design of the One Group Pretest-Posttest and the population was all students of XII IPS in Yadika Natar High School, which are 31 students. The type of sample is a saturated sample and simple linear regression analysis technique. Based on the results of the analysis and discussion, it can be concluded that the learning interest taught using student worksheets increases for XII IPS students in Yadika Natar High School in 2018.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “Minat belajar sejarah yang diajarkan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik dapat meningkat pada siswa kelas XII IPS di SMA Yadika Natar”. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain One Group Pretest-Posttes dengan populasi seluruh siswa Kelas XII IPS di SMA Yadika Natar sejumlah 31 Siswa. Penelitian ini menggunakan sampel jenuh dan teknik analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa minat belajar yang diajarkan menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) meningkat pada siswa Kelas XII IPS di SMA Yadika Natar Tahun 2018.

Kata kunci: lembar kerja, minat, penggunaan


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmaidi, Hamid 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Daryanto. 2012. Perubahan Pendidikan dalam Masyarakat Sosial Budaya. Bandung: PT sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Depdiknas. 2008. Peraturan no 2 tahun 2008 tentang buku. Jakarta.

Dimyati& Moedjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah. Bahri Saiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Halim, Ratna Abdul. 2014. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Melalui Metode Tanya Jawab di Kelas IV SDN Batangono Kecamatan Buko Kabupaten Bangkep. Palu: Universitas Tadulako.

Mulyani, Dessy. 2013. Psikologi Pendidikan Jakarta:Rineka Cipta.

Sudaryono.2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudjana. 2012. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinarbaru Algensindo.

Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan.Alfabeta: Bandung

Sundayana, Rostina. 2014. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.

Susilo, Joko. 1998. Pembodohan Siswa Tersistematis. Bogor: Pinus Book.

Umbaryati. 2014. Pentingnya LKPD Pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Widjayanti.2010. Eksplorasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Cahaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Inkuiry Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 6 (2010) 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.