Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui ada pengaruh yang positif dan signifikan Model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan rumus koefisen korelasi Eta (ή) dan uji f. Hasil penelitian, menunjukkan ada pengaruh yang positif dengan nilai 0,66 yang memiliki arti cukup berarti atau sedang dan nilai signifikan yang diperoleh adalah 46,31 sehingga Model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle dapat dihandalkan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu. Dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan Model Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMPN 1 Way Kenanga tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: hasil belajar, model cooperative learning tipe inside outside circle (IOC), pengaruhFull Text:
PDFReferences
Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.
Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenang¬kan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto. 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Refbacks
- There are currently no refbacks.