Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VII

Liah Rutama, Syaiful M, Muhammad Basri

Abstract


The purpose of this study was to find out that there was a positive and significant effect of Inside Outside Circle (IOC) Cooperative Learning Model on student learning outcomes in integrated social studies subjects in class VII. This study uses the True Experimental Design method with the Posttest Only Control Design research design. The data analysis technique uses the Eta correlation coefficient formula (ή) and test f. The results of the study show that there is a positive effect with a value of 0.66 which has significant or moderate meaning and the significant value obtained is 46.31 so the Inside Outside Circle Cooperative Learning Model can be relied upon to improve Integrated Social Studies learning outcomes. It can be concluded that there is a positive and significant effect of Inside Outside Circle Cooperative Learning Model on student learning outcomes in social studies subjects in class VII of 1 Way Kenanga Middle School in the academic year 2017/2018.

Tujuan penelitian adalah mengetahui ada pengaruh yang positif dan signifikan Model Cooperative Learning  tipe  Inside Outside Circle (IOC) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan rumus koefisen korelasi Eta (ή) dan uji f. Hasil penelitian, menunjukkan ada pengaruh yang positif dengan nilai 0,66 yang memiliki arti cukup berarti atau sedang dan nilai signifikan yang diperoleh adalah 46,31 sehingga Model  Cooperative Learning  tipe  Inside Outside Circle dapat dihandalkan untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu. Dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan Model  Cooperative Learning  tipe  Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII SMPN 1 Way Kenanga tahun pelajaran 2017/2018.

Kata kunci: hasil belajar, model cooperative learning tipe inside outside circle (IOC), pengaruh

Full Text:

PDF

References


Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kunandar. 2010. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenang¬kan. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter Di Lingkungan Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat Pendidikan Dasar Dan Menengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.