PENGARUH PENGGUNAAN MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIVMENT DIVISIONS)TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA
Abstract
This study aimed to determine whether there was any influence and how great significance level of influence of (STAD) Student teams Achivment Division model to increase interpersonal intelligence of X students at SMA Pancasila Seputih Mataram in the academic year 2015/2016. This study used experiment with the type of one group pretest posttest design. Based on the analysis of quantitative data using paired test, it could be concluded that there was a significant influence and the a mount of influence given of STAD (Student Teams Achivment) model is 0,457 which if it is put into an interpretation of the correlations, it was included into the category of quite significant.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dan seberapa besar taraf signifikansi pengaruh penggunaan model STAD (Student Teams Achivment Division) pada mata pelajaran sejarah terhadap Kecerdasan Interpersonal siswa kelas X SMA Pancasila Seputih Mataram Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan tipe One Group Pretest Posttest Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan Besarnya pengaruh yang diberikan model STAD (Student Teams Achivment Division) sebesar 0,457 yang jika di masukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kategori cukup signifikan.
Kata kunci: kecerdasan interpersonal, model pembelajaran, stad
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiningsih, A.C. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta Renika Cipta.
Hasan,Hamid 2012. Pembelajaran Sejarah. Jakarta Renika Cipta. Hal.67
Imas, Barlin. 2013. Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Kata Pena.
Jasmine Julia. 2007 Metode Mengajar Mutliple Intelegences. Bandung. Nuasa Cendikia.
Ngalimun. 2012. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta. Asjawa Pressindo..
Sudjana. 2009. Metoda Statistik. Bandung:Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian pendidikan. Bandung:. Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung:Alfabeta.
Slavin, Robert. E. 2005. Cooverative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung. Nusa Media.
Usman, H. dan Akbar, P. S. 2008. Pengantar Statistika. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.