HUBUNGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN ALAM DENGAN KEMAMPUAN BEREKSPLORASI PADA ANAK USIA DINI

Dian Kustiani, Sasmiati Sasmiati, Baharuddin Risyak

Abstract


The problem in this research was children exploration ability aged 5 to 6 years old that has not optimally developed at TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. The research objective was to determine the correlation between natural based learning activities with children exploration ability aged 5-6 years old. This research was non experimental quantitative research, with the correlation data analysis. Data were collected by interview, observation and documentation. The data were analyzed by using cross table technique and Spearman Rank Correlation. The result showed that there was strong correlation between natural based learning activities and children exploration ability by 0.67%. Therefor, it is recommended to involve more natural based active learning to develope children exploration ability aged 5-6 years old.

Masalah yang diangkat pada penelitiaan ini adalah kemampuan berekplorasi yang belum berkembang secara optimal pada anak usia 5-6 Tahun di TK Amarta Tani HKTI Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara aktivitas pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kemampuan berekplorasi pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bersifat non eksperimental dengan analisis data korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tabel silang dan analisis Korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang erat antara aktivitas pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kemampuan bereksplorasi pada anak usia dini sebesar 0,67 persen. Oleh sebab itu perlu lebih ditingkatkan aktivitas pembelajaran berbasis lingkungan untuk mengembangkan kemampuan bereksplorasi anak usia dini.

Kata kunci : kemampuan bereksplorasi, aktivitas pembelajaran berbasis lingkungan alam, anak usia dini.


References


Hadi, S. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Marat, S.2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musbikin, I. 2010. Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana.

Rachmawati, Y&Kurniati E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Sujiono&Yuliani, N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sujiono, Yuliani N& Sujiono, B. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pendidikan Anak