Pengaruh Media Scratch terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun
Abstract
Based on observations made by researchers on early childhood children at the FKIP UNRI Kindergarten, their ability to recognize the concept of numbers is still low, and some children cannot use number symbols to count, some children are still confused and unable to sort the number symbols 1-20, so it is necessary to use them. Scratch media. The aim of this research is to find out how well children aged 5 to 6 years old at FKIP UNRI Kindergarten in Tampan District, Pekanbaru City can recognize the meaning of numbers. The pretest-posttest control group design is an experimental research method used in this type of quantitative experiment. All 30 FKIP UNRI Kindergarten students in this study were aged between 5 and 6 years. By using saturated sampling, the research sample consisted of all children, namely 15 B1 children and 15 B2 children. The researcher's method for collecting data is considered primary data. The results of the t-count data analysis were 10.124, which was greater than the t-table of 2.015. From this research it can be concluded that scratch media influences the ability to recognize number concepts in children aged 5-6 years in TK FKIP UNRI, Tampan District, Pekanbaru City using the N-Gan formula with a result of 71.98%.
Keyword: Media Scratch, Number Concept Ability for Children Aged 5-6 Years
Berdasarkan Observasi yang dilakukan peneliti pada anak usia dini di TK FKIP UNRI masih rendahnya kemampuan mengenal konsep angka, serta beberapa anak belum bisa menggunakan lambang bilangan untuk menghitung, beberapa anak yang masih bingung dan belum mampu saat mengurutkan lambang bilangan 1-20,sehingga diperlukan penggunaan media Scratch. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik anak usia 5 sampai 6 tahun di TK FKIP UNRI Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dapat mengenal pengertian bilangan. Rancangan kelompok kontrol pretes-postes adalah metode penelitian eksperimen yang digunakan dalam eksperimen kuantitatif jenis ini. Seluruh siswa TK FKIP UNRI yang berjumlah 30 orang dalam penelitian ini berusia antara 5 sampai 6 tahun. Dengan menggunakan sampling jenuh, sampel penelitian ini terdiri dari semua anak, yaitu 15 anak B1 dan 15 anak B2. Metode peneliti untuk mengumpulkan data dianggap sebagai data primer. Hasil analisis data t-hitung 10,124 lebih besar t-tabel 2,015. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media scratch berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 5-6 tahun di TK FKIP UNRI Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dengan menggunakan rumus N-Gan dengan hasil 71,98%
Kata Kunci: Media Scratch, Kemampuan Konsep bilangan Anak Usia 5-6
Full Text:
PDFReferences
Acitia Miswara, Dkk. 2018. Pengaruh Permainan Congklak Terhadap Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Dharma Wanita Persatuan 02 Malang (Jurnal Nursing News, Vol 3. No 1)
Latif Mukhtar kk. 2014. Orientasi baru Pendidikan Anak Usia Dini: teori dan aplikasi Jakarta Prenada Media Group
Agus, S. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Matematika Di Ra Ma‟arif 1 Kota Metro (Jurnal Program Studi Pgra Vol 4. No 2)
Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan pembelajaran.Bandung. PT Remaja Rosdakarya
Asrorul Mais. 2016. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Pustaka Abadi. Jawa Timur
Astuti, E. M., Novianti, R., & Febrialismanto, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Animals Manipulatife Lotto Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Alfarizky Kids Kabupaten Kampar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 97–107. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V3i1.869
Beti, E. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Permainan Keranjang Tempurung Dan Biji Salak Di Taman Kanak-Kanak Pk3a Taeh Baruah Kecamatan Payakumbuh. Jurnal Pesona Paud Vol 1. No 1.
Budiyomo Saputro. 2017. Manajemen Penelitian Pengembangan Research And Development. Aswaja Pressindo. Yogyakarta
Della Ulfa, Dkk. 2018. Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, Vol 4(3)
Emzir. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Rajawali Pers. Jakarta
Indah, W. 2018. Pemilihan Media Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Available At: Http://Eprints.Umsida.Ac.Id/Id/Eprin/3723 (Accesed: 20 April 2020)
Nasrum, A. (2022). Stastistika Pendidikan. Insan Cendekia mandiri.
Novianti, R. (2012). Teknik observasi bagi pendidikan anak usia dini. Educhild, 01(1), 22–29. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/view/1621
Novianti, R. (2015). Pengembangan Permainan Roda Pu. Educhild, 4(1), 56–63.Sari, N., & Wardani, R. (2015). Pengolohan dan Analisa Data Stastistika dengan spss. Deepublish publisher.
Solfiah, Y. (2018). Kindergarten Teacher ’ S Ability in Teaching Math in Tk Pembina of Pekanbaru City Kemampuan Mengajar Matematika Guru Taman Kanak-Kanak Di Tk Pembina Se-Kota. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 75–87.
Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.