Pengaruh Program Literasi berbasis Pendekatan Montessori terhadap Karakter Integritas Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar

Gregorius Ari Nugrahanta, Eko Hari Parmadi, Paulus Mamok Suparmo, Hilary Relita Vertikasari Sekarningrum, Ni Kadek Swandewi, Fransiska Tyas Virya Prasanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program literasi berbasis pendekatan Montessori terhadap karakter integritas siswa kelas 1 SD. Metode quasi eksperimental tipe pretest posttest non equivalent group design digunakan dalam penelitian ini. Populasi penelitian sebanyak 34 siswa kelas 1 di SD Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Sebanyak 17 siswa kelas 1B diambil sebagai sampel kelas Montessori dan 17 siswa kelas 1A sebagai kelas kontrol. Hasilnya memperlihatkan bahwa program literasi berbasis pendekatan Montessori berpengaruh terhadap karakter integritas siswa. Rerata posttest pada kelas Montessori (M = 3,2118 dan SE = 0,05808) lebih tinggi dari kelas kontrol (M = 2,1882 dan SE = 0,04765). Perbedaan tersebut signifikan dengan t(17) = 13,624 dan p = 0,000 (p < 0,05). Besar efek yang dihasilkan adalah r = 0,9571 yang setara dengan 91,61%. Artinya, program literasi tersebut dapat menjelaskan 91,61% perubahan varian pada karakter integritas. Program literasi ini juga efektif dengan nilai N-gain Score sebesar 55,63% yang masuk dalam kategori efektivitas menengah.

Kata kunci: literasi, pendekatan Montessori, karakter integritas


Full Text:

PDF

References


Abdi, P. A. (2019). Kemendikbud catat 126 kecurangan selama ujian nasional 2019. Diakses tanggal 6 Oktober 2022, dari https://tirto.id/kemendikbud-catat-126-kecurangan-selama-ujian-nasional-2019-drNd

Afifah & Kuswanto. (2020). Membedah pemikiran Maria Montessori pada Pendidikan Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 57–68.

Alvi, R. R. dkk. (2022). Meningkatkan sikap jujur anak melalui permainan rakyat congklak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5414–5424. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2973

Anam, K. & Sakiyati, I. D. (2019). Kantin kejujuran sebagai upaya dalam pembentukan karakter. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 13(1), 21. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.130

Anwar, M. K. (2017). Pembelajaran mendalam untuk membentuk karakter siswa sebagai pembelajar. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 97. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.1559

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter: Membentuk karakter cinta tanah air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Auliyairrahmah, A., Djazilan, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). Implementasi pendidikan karakter integritas: Sub nilai kejujuran melalui program kantin kejujuran di sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3565–3578. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.939

Azkia, N. & Rohman, N. (2020). Analisis metode Montessori dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah SD/MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v4i1.1411

Chairilsyah, D. (2016). Metode dan teknik mengajarkan kejujuran pada anak sejak usia dini. Educhild, 5(1), 8–14. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/download/3822/3714

Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori dalam pembelajaran pembaca, menulis dan berhitung tingkat permulaan bagi anak usia dini. Jurnal Caksana - Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10.

Field, A. (2009). Discovering statistics using SPSS (3rd ed). Los Angeles: Sage.

Ghasya, D. A. V. (2019). Keterkaitan penerapan metode pembelajaran Montessori untuk mencapai kompetensi dasar mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar pada kurikulum 2013. Jurnal Tunas Bangsa, 1, 1–476.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain score. California: Indiana University.

Ibda, F. (2015). Perkembangan kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Irdawati dkk. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media gambar kelas 1 di Min Buol. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(4), 1–14. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/2918

Labudasari, E. & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254

Lickona, T. (2013). Educating for character, mendidik untuk membentuk karakter, bagaimana sekolah dapat mengajarkan sikap hormat dan tanggung jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2006). Methods in educational

research from theory to practice. United States of America: Jossey-Bass

Maria, A. T. & Suyanto, T. (2016). Strategi sekolah dalam mengajarkan nilai-nilai kejujuran pada siswa melalui kantin kejujuran di SMK Pemuda Krian. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 3(4), 1121–1135.

Murdiono, M. (2016). Pendidikan anti korupsi terintegrasi dalam pembelajaran PKn untuk menanamkan karakter kejujuran di SMP. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/socia.v13i1.9910

Peterson, C. & Seligman, M. E. P. (2004). Character strengths and virtues: A

handbook and classification. New York: Oxford University Press.

Riscaputantri, A. & Wening, S. (2018). Pengembangan instrumen penilaian afektif siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Klaten. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 231–242. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.16885

Rohim, D. C. & Rahmawati, S. (2020). Peran literasi dalam meningkatkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan karakter dalam kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.1-6

Setyawan, D. (2014). KPAI: Kasus bulying dan pendidikan karakter. Diakses tanggal 6 Oktober 2022, dari https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-kasus-bullying-dan-pendidikan-karakter

Suastika, N. (2019). Problematika pembelajaran membaca dan menulis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57–64.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, I(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316

Sunarti, C. & Sumitra, A. (2018). Pembentukan karakter mandiri pada anak usia dini melalui metode montessori di tk almarhamah cimahi. Jurnal Ceria, 1(2), 47–57.

Syefriani, D. (2018). Aplikasi Montessori dalam pembelajaran membaca, menulis dan berhitung tingkat permulaan bagi anak usia dini. Jurnal Caksana - Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–10.

Widoyoko, S. E. (2014). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats