Pengembangan Media Bela Smart Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pengenalan Siaga Bencana Banjir Pada Anak Usia Dini

Anissatul Firdausi Umami, Rachma Hasibuan

Abstract


Negara Indonesia adalah negara yang berpotensi terjadinya banjir setiap tahun. Salah satu daerah rawan terjadinya banjir ialah Kabupaten Gresik akibat meluapnya sungai lamong. Anak-anak merupakan anggota masyarakat yang rentan menjadi korban karena keterbatasan pengetahuan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media  berbasis android yang diberi nama Bela Smart. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and development atau RnD dengan model pengembangan yakni ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ialah anak usia 5-6 tahun dengan jumlah 20 anak di TK Dharma Wanita Persatuan Lampah Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik. Kelayakan media didapat dari ahli materi dengan persentase 92,5%, ahli media dengan persentase 85%, respon pengguna guru 95,8%, dan hasil wawancara anak dengan persentase 100%, maka dari hasil penilaian kelayakan media Bela Smart dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran pengenalan siaga bencana banjir. Hasil uji efektivitas menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp.sig (2-tailed) bernilai 0,000 lebih < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya bahwa penggunaan media Bela Smart memiliki pengaruh signifikan dan efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan siaga bencana banjir anak usia 5-6 tahun.

Kata kunci :Banjir, Pengetahuan, Bela Smart


Full Text:

PDF

References


Alawiyah, Y., & Rukmi, A. S. (2021). Pengembangan Media Kartu Baca Berbasis Android Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–11.

Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ariyanti, T. (2016). The Importance of Childhood Education for Child Development. Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58.

Arthana, I. K. P., & Damajanti, D. (2005). Evaluasi Media Pembelajaran. Teknologi PendidikanUNESA.

Azizah, D. N. (2016). Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Kuliah Grading. http://repository.unj.ac.id/570/

Branch, R. M. (2009). Instructional design-the ADDIE approach. Springer.

Daud, R., Sari, S. A., Milfayetty, S., & Dirhamsyah, M. (2014). Penerapan Pelatihan Siaga Bencana Dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, Dan Tindakan Komunitas Sma Negeri 5 Banda Aceh. Ilmu Kebencanaan, 1(1), 26–34. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JIKA/article/view/2470

Undang-undang RI No.20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, (2003).

Febriana, Sugiyanto, D., & Abubakar, Y. (2015). Kesiapsiagaan Masyarakat Desa Siaga Bencana Dalam Menghadapi Gempa Bumi Di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh. Ilmu Kebencanaan (JIKA) Pascasarjana Univeritas Syiah Kuala, 2(3), 41–49.

Global Facility for Disaster Reduction and Recovery. (2020). Indonesia. https://www.gfdrr.org/en/indonesia

Hadi, H. & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. Jurnal Education., 11(1), 90–105.

Hasibuan, R., & Fauziyah, A. I. (2019). Pengaruh Metode Eksperimen Tema Gejala Alam Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat Pada kelompok B di TK Labschool UNESA Afif Izza Fauziyah. Jurnal PAUD Teratai, 9(1), 1–9.

Kabupaten Gresik. (2021). Letak Geografi kabupaten Gresik. Pemerintah Kabupaten Gresik. https://gresikkab.go.id/info/geografi#:~:text=Secara geografis wilayah Kabupaten Gresik,di atas permukaan air laut.

Kurnia, D. (2020). Banjir Gresik Telan Satu Korban Jiwa. Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/qlbrtv377/banjir-gresik-telan-satu-korban-jiwa

Laily, S. N., & Fitri, R. (2021). Pengembangan Media Catur Tematik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 10(1).

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, (2007).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (n.d.).

Proulx, K., & Aboud, F. (2019). Disaster risk reduction in early childhood education: Effects on preschool quality and child outcomes. International Journal of Educational Development, 66, 1–7.

Rahiem, M. D. H., & Widiastuti, F. (2021). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Pemahaman Kesiapsiagaan Bencana Banjir pada Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 832–843. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1540

Robbi’atna, L., & Subrata, H. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bergambar pada Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas V SDN Kebraon 1436 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 2515–2524. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/26809/24535

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (In ke-26).

Sukmadinata, N. S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suprayitno, S., Putri, W. T. C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1).

Sya’banah, L., & Adhe, K. R. (2019). Pengembangan Buku Panduan Mitigasi Bencana Alam Pada Perilaku Keselamatan Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tk Kecamatan Rungkut Surabaya. PAUD Teratai, 8(3), 1–5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/30831

Yanti, D. D. (2019). Pendidikan siaga bencana melalui permainan segitiga siaga untuk meningkatkan kemandirian anak di tk tunas bangsa saat menghadapi bencana di daerah pesisir kecamatan bonang kabupaten demak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats