PERAN POLA KOMUNIKASI KELUARGA (AYAH-IBU-ANAK) PADA KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN

Anggun Kartika Putri, Susanthi Pradini, Een Yayah Haenilah

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran komunikasi keluarga pada kemampuan berbicara anak usia 5 – 6 tahun. Dalam kemampuan berbicara salah satu faktor yang yang mempengaruhi adala faktor lingkungan yang diimplementasikan dalam interaksi dan stimulasi dengan lingkungan. Penelitian ini dilakukan kepada 35 pasang orang tua (ayah dan ibu) dengan cara penyebaran kuesioner mengenai pola komunikasi keluarga (Ayah-ibu-anak) dan kemampuan berbicara anak. Teknik pemilihan sampel pada Penelitian ini dialkukan dengan teknik non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya hubungan pola komunikasi orang ua dengan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun. Terdapat perbedaan nilai koefisien korelasi untuk pola komunikasi ayah dengan kemampuan berbicara anak (r = 0,090) dan pola komunikasi ibu dengan kemampuan berbicara anak (r = 0,440). Pola komunikasi ibu-anak lebih berhubungan dengan kemampuan berbicara anak dibandingkan dengan pola komunikasi ayah -anak. Tipe pola komunikasi yang ayah gunakan adalah tipe protektif sedangkan tipe pola komunikasi yang digunakan yakni tipe pola komunikasi pluralistik.
Keywords: anak usia dini, kemampuan berbicara, pola komunikasi keluarga

Full Text:

PDF

References


Alfatihaturrahmah, M. D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini. 5: 101-109.

Andika, Y., & Sunarti, V. (2018). Hubungan Antara Komunikasi Keluarga dengan Kemampuan Bicara Anak Usia Dini Desa Rambai. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS). 6: 547-554.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsanti, M. 2014. Pemerolehan Bahasa pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal PBSI. 3: 24-47.

Astuti, T. (2019). Hubungan Pola Komunikasi Orang tua terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Taman Kanak-Kanak. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 3: 88–95.

Bahfiarti, T. (2016). Komunikasi Keluarga: Suatu Pendekatan Keberlanjutan Regenerasi Anak Petani Kakao di Provinsi Sulawesi Selatan. Makassar: Kedai Buku Jenny.

Calista, R, dkk. (2019). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Raudhatul Athfal Ikhlas Gunung Pangilun Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 3: 1632-1638

Cangara, H. (2005). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darmadi, H. (2013). Dimensi-Dimensi Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Djayadin, C., & Munastiwi, E. (2020). Pola Komunikasi Keluarga terhadap Kesehatan Mental Anak di Tengah Pandemi Covid-19. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 4: 160-180.

Heller, S. R., etc. (2006). Gender Differences in Adolescent Perception of Parent Adolescent Opennes in Communication and Adolescent Empathy. Mariage & Family Review. 40: 103-122.

Nurbiana, D., dkk. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurbiana, D, dkk. (2010). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun melalui Menonton VCD Cerita Anak. Perspektif Ilmu Pendidikan. 22: 122-131.

Jalongo, M. R. (2007). Early Childhood Language Arts. USA: Pearson Education, inc.

Kasman, N, dkk. (2014). The Effectiveness of Stimulus to the Language Acquitions of Early Age Child. Journal of Language Teaching and Research. 5: 1315-1321.

Kristiaty, T. (2014). Second Language Acquisition. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Maisyaroh., dkk. (2017). Peran Ayah pada Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Keluarga di Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 2: 50-61.

Masykouri, A. (2011). Mengasah Kemampuan Berbahasa di Usia 4-6 Tahun. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional.

Nurlaeli, D. A. (2015). Hubungan antara Interaksi Orang Tua dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-6 Tahun di TK Pertiwi Babakan Kalimanah Purbalingga Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 1: 1-16.

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini Edisi Ketiga. Jakarta : Prenadamedia Grup.

Permendikbud. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No. 137. Diambil dari https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/Paparan%20Perkembangan%20Anak%20Usia%20Dini%20-%20Nurfadillah,_1624864376.pdf

Rahmawati., & Gazali, M. (2018). Pola Komunikasi dalam Keluarga. Jurnal Al-Munzir. 11: 163-181.

Setianingsih, F. (2017). Peran Komunikasi Ayah dalam Perkembangan Mental Anak: Studi atas Santri Putri Pondok Tahfidz Karanganyar. Jurnal of Multidisciplinary Studies. 1: 169-184

Sjarkawi. (2006). Pembentukan kepribadian Anak. Jakarta: Bumi Aksara.

Soetjiningsih. (2014). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta : Depdiknas.

Sunanih. (2017). Kemampuan Membaca huruf Abjad bagi Anak Usia Dini Bagian dari Perkembangan Bahasa. Early Childhood: Jurnal Pendidikan. 1: 1-13.

Tarigan, H. G. (2008). Berbicara sebagai suatu ketrampilan berbahasa. Bandung : Angkasa.

Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah. Cakrawala Pendidikan. 23: 459-479.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats