PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BONEKA JARI DI TK PELANGI GENYEM KABUPATEN JAYAPURA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa melalui penggunaan media boneka jari pada anak usia 5-6 tahun TK Pelangi Genyem Kabupaten Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di TK Pelangi Genyem Kabupaten Jayapura dengan subjek penelitian berjumlah 15 Anak, yang terdiri dari 6 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian menggunakan model tindakan dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilakukan sebanyak 6 tindakan yang terbagi dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak melalui penggunaan media boneka jari. Hal itu dapat dilihat dari kondisi awal kemampuan berbahasa anak yang hanya mencapai 48,33%. Pada siklus 1 tindakan 1 menjadi 53,88%, dan meningkat lagi pada siklus 1 tindakan 2 menjadi 60%, dan pada siklus 1 tindakan 3 meningkat menjadi 66,67%. Selanjutnya pada siklus 1I tindakan 1 menjadi 71,11 %, Pada siklus 1I tindakan 2 nilai meningkat menjadi 76,11%, dan pada sikus II tindakan 3 meningkat lagi menjadi 81,66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media boneka jari dapat meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelangi Genyem Kabupaten Jayapura.
Kata Kunci: Anak; Bahasa; Boneka Jari; Media.
Full Text:
PDFReferences
Amelia, L., & Marsella, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Anak Melalui Metode Bermain Peran Dengan Menggunakan Boneka Jari Pada Anak TK B2 di PAUD Save The Kids Banda Aceh. Jurnal Buah Hati, 5(2), 81–102. https://doi.org/10.46244/BUAHHATI.V5I2.570
Anjeli, Y. N., & Latifah, N. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV SDN Saga VI Kabupaten Tangerang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.30738/WA.V5I1.8444
Aprillina, N. Z., Ahmad, A., & Rahmi. (2020). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI TK ABA MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 22–33. http://www.jim.unsyiah.ac.id/paud/article/view/15310
Ayuni, G. A. M., Wirya, I. N., & Asril, N. M. (2014). PENERAPAN METODE BCCT BERBANTUAN MEDIA BONEKA JARI PADA KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A TK SAIWA DHARMA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/PAUD.V2I1.3153
Dewi, K. Y. O., Suwatra, I. W., & Magta, M. (2016). PENERAPAN METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK ANAK DI TK WARINGIN SARI. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3). https://doi.org/10.23887/PAUD.V4I3.8896
Elisa, R. S., Sutisnawati, A., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh Media Boneka Jari Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Di Kelas Rendah. Jurnal Perseda : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.37150/PERSEDA.V3I1.451
Hidayati, D. R., & Affrida, E. N. (2020). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA HAND PUPPET. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 37–42. https://doi.org/10.36456/INCREMENTAPEDIA.VOL2.NO01.A2516
Khairunnisa, R., & Oye, S. (2020). Implementasi Penggunaan Media Boneka Jari Untuk Mengembangan Kemampuan Interpersonal Siswa SDN 027 Samarinda Ulu. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 137–143. https://doi.org/10.37859/EDUTEACH.V1I2.1945
Oktiawati, A., Widodo, Y. P., & Istianah, N. (2020). STORYTELLING MEDIA BONEKA JARI KAIN FLANEL MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA PRASEKOLAH. Bhamada: Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan (E-Journal), 11(2), 9–9. https://doi.org/10.36308/JIK.V11I2.235
Ramadani, R. (2016). MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PANGGUNG BONEKA PADA KELOMPOK A1TK MADUKISMO. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 808–816. https://doi.org/10.21831/JPA.V5I2.12378
Sukerti, D. T. (2013). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PERCAKAPAN SEDERHANA DENGAN BONEKA JARI DI KELAS I [Universitas Tanjungpura Pontianak]. In Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (Vol. 2, Issue 6). https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/2322
Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Triyuwanti, S., & Widha, L. (2018). PENERAPAN BONEKA JARI SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI LEARNING QURAN FOR ALL (LQA) SAHABAT-QU YOGYAKARTA. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Dan Konseling Islam, 1(2), 1. https://doi.org/10.15575/alisyraq.v1i2.13
Yosastra, O., Azwandi, Y., & Sopandi, A. A. (2013). EFEKTIFITAS PERMAINAN BONEKA JARI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT BAGI ANAK TUNAGRAHITA X. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(3), 671–681. https://doi.org/10.24036/JUPE21150.64
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.