Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Perumahan Guru Kecamatan Kotabumi Selatan Kabupaten Lampung Utara

Destri Rachma Pratiwi, Rizky Drupadi, Ulwan Syafrudin

Abstract


The purpose of this study is to describe the ability to recognize letters of early childhood. Subjects were selected using technique namely purposive sample. The study used 8 subjects. This study uses observation and interviews to collect data with an analysis process through three stages. Based on the results of observations and interviews with research subjects, it is concluded that based on the results of the percentage of observations that show the ability to recognize letters of children aged 5-6 years of 15 children who were observed to reach a percentage of 77%-98.9% which states that the child is in the very good category. From the results of the interview with 3 parents, it can be concluded that the ability to recognize letters is one of the most basic or initial stages before the child enters the reading stage, in introducing letters through the reading method that does not give a burden to the child.

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal huruf anak usia dini. Subjek dipilih menggunakan teknik sampel yaitu purposive sample. Pada penelitian ini menggunakan 8 subjek. Penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data dengan proses analisis melalui tiga tahapan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan subjek penelitian disimpulkan bahwa berdasarkan hasil presentase observasi yang menunujukkan kemampuan mengenal huruf anak usia 5-6 tahun dari 15 anak yang diobservasi mencapai presentase 77%-98,9% yang menyatakan bahwa anak tergolong ke dalam kategori sangat baik. Dari hasil wawancara dengan 3 orang tua dapat disimpulkan kemampuan mengenal huruf merupakan salah satu tahapan paling dasar atau awal sebelum anak memasuki tahapan membaca, dalam mengenalkan huruf melalui metode membaca yang tidak memberikan beban kepada anak.

Kata kunci: kemampuan mengenal huruf, anak usia 5-6 tahun


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n2.22256


Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2014). Permen Kemendikbud No. 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Permen Kemendikbud, 2025(1679). https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/Permen Kemendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.pdf

Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana. Publishing.

Mislahusnika. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Huruf Melalui Permainan Pohon Huruf Pada Anak Usia Dini Di Paud Teratai Tahun Pelajaran 2016. Revista Brasileira de Ergonomia, 9(2), 10.

Nursalam, 2016, metode penelitian, & Fallis, A. . (2013). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Ilmiah.

Sujiono, Y.N. (2008). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. 121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats