Hubungan Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak

Dina Ramanda, Riswanti Rini, Renti Oktaria

Abstract


The purpose of this study is to find out the relationship between: 1) emotional intelligence and the performance of kindergarten teachers. 2) motivation of work with the performance of kindergarten teachers. 3) emotional intelligence and motivation of work with the performance of kindergarten teachers. This research uses the descriptive correlational method. The population was 82 kindergarten teachers in the Kecamatan Kedamaian. The research sample was 40 teachers with the purposive sampling technique. The data collection technique is a questionnaire. The data analysis technique is multiple linear regression. The results showed: 1) There is a relationship between emotional intelligence and the performance of kindergarten teachers, where thitung 3,217> ttabel 2,021, a significance of 0.04. 2) There is a relationship between work motivation and kindergarten teacher performance, where thitung 5.090> ttabel 2021, the significance is 0.01. 3) There is a relationship between emotional intelligence and work motivation together with the performance of kindergarten teachers, where Fhitung 3.526> 3.23 Ftabel, 0.04 significance.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara: 1) Kecerdasan emosional dengan kinerja guru TK. 2) Motivasi kerja dengan kinerja guru TK. 3) Kecerdasan emosional dan motivasi kerja dengan kinerja guru TK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi sebanyak 82 guru TK Kecamatan Kedamaian. Sampel penelitian sebanyak 40 guru dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis datanya adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan kinerja guru TK, dimana t hitung 3,217 > t tabel 2,021, sig 0,04. 2) Terdapat hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru TK, dimana t hitung 5,090 > t tabel 2021, sig 0,01. 3) Terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru TK, dimana Fhitung 3,526 > 3,23 Ftabel, sig 0,04.

 Kata Kunci: kecerdasan emosional, motivasi kerja, kinerja guru

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpa.v6n2.22255



Full Text:

PDF

References


Gibson. (2002). Organisasi Perilaku struktur proses Terjemahan V. Jakarta: Erlangga.

Goleman, D. (2019). Emotional Intelligence Kecerdasan Emosional Mengapa EL Lebih Penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartowagiran, B. (2011). Kinerja Guru Profesional (Guru Pasca Sertifikasi). Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta. 3: 463-473.

Riyadi, S. (2015). Effect of Work Motivation, Work Stress and Job Satisfaction on Teacher Performance at Senior High School (SMA) Throughout The State Central Tapanuli, Sumatra. Journal Of Humanities And Social Science. 20: 52-57.

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Srinalia. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kinerja Guru dan Korelasinya terhadap Pembinaan Siswa: Studi Kasus di SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika. 15: 193-207.

Stein, S.J., Book, H.E. (2002). Ledakan EQ 15 Prinsip Dasar Kecerdasan Emosional meraih sukses. Bandung: Kaifa.

Uno, H. B. (2012). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

_____. (2012). Profesi Kependidikan Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

____. (2012). Teori Motivasi & Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics

View My Stats