Kemampuan Berbicara Anak Di Tk Pertiwi Desa Rajabasa Lama Kecamataan Labuhan Ratu Kabupaten Lampung Timur
Abstract
This research is motivated by the lack of children's speaking ability in answering questions given by the teacher and the inability of the child to simply retell the contents of the stories they have heard. The purpose of this study was to improve the speaking skills of group A children in TK Pertiwi Desa Rajabasa Lama. The subjects of this study were 15 children. The data collection techniques used were observation (observation sheets), interviews (interview grids for teachers), and documentation (notes during the activity, pictures or photos, and RKH). The data analysis technique was done using quantitative descriptive. The children's speaking ability reached 48.14% and a decrease in the score obtained reached 6.67%. The teacher provides motivation and rewards in the form of "Bintang" to children who have an increase in learning.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara anak dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru serta ketidakmampuan anak dalam menceritakan kembali isi cerita yang telah didengarnya secara sederhana. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak kelompok A di TK Pertiwi Desa Rajabasa Lama. Subjek penelitian ini sebanyak 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (lembar observasi), wawancara (kisi-kisi wawancara untuk guru), dan dokumentasi (catatan catatan selama proses kegiatan berlangsung, gambar atau foto, dan RKH). Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Kemampuan berbicara anak mencapai 48,14% dan terjadi penurunan skor yang didapat mencapai 6,67%. Guru memberikan motivasi dan reward berupa “Tanda Bintang” kepada anak yang memiliki peningkatan dalam belajar.
Kata kunci: kemampuan berbicara, anak usia dini, pengembangan bahasa.
Full Text:
PDFReferences
Agung, A.A.G. (2010). Bahan Kulyah Statitiska Deskriptif. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Ganesha.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Penerbit Rineka.
Cresweel, J.W. (2015). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. Pustaka pelajar. Yogyakarta.
Dhieni, N., et.al. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan. Cet.5 (Penerj. Istiwidayanti, dkk.). Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.