Kompetensi Pedagogik Dengan Kemampuan Pengelolaan Kelas Paud

Novia Nisa Fairuza, Een Yayah Haenilah, Riswandi Riswandi

Abstract


The purpose of the study was to determine the relationship between pedagogic competencies toward classroom management abilities. The sampling method in this study used purposive sampling with 50 respondents. The data were collected by using observation, questionnaire, and documentation. The data was analyzed by using Pearson Product Moment. The results showed that there are a significance correlation between pedagogical competencies with classroom management. The value of coefficient correlation was 0.399 with positive direction. It can be concluded that pedagogical competencies can improve teacher classroom management ability. 

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik dengan kemampuan pengelolaan kelas. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini  menggunakan purposive sampling dengan sampel sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, quisioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dengan menggunakan analisis product moment pearson dan mendapatkan hasil adanya hubungan yang erat antara kompetensi pedagogik dengan kemampuan pengelolaan kelas dengan nilai koefisiensi sebesar 0,399 dengan arah positif. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dapat menunjang kemampuan guru dalam mengelola kelas.

Kata Kunci : pendidikan anak usia dini, kemampuan pengelolaan kelas, kompetensi pedagogik.



References


Astrini, L. A. 2012. Hubungan Mengelola Kelas Dalam Diskusi Kelompok Dengan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Keguruan dan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Lampung.

Farizal, M. 2013. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Keterampilan Kelas di MTS Bachrul Ulum Sindang Laut Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Institut Agama Islam Negri (IAIN), Syekh Nurjati Cirebon.

Gulo, W. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

Haenilah, E. 2017. Kompetensi Pedagogik Melejitkan Profesionalisme Guru. Bandar Lampung: Pustaka Media.

Mariyana, R. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Bandung: Prenada Media Group.

Priatna, N. 2013. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) Jurnal Pendidikan Anak