BERMAIN KARTU HURUF DAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG HURUF

Najjati Ranala, Sasmiati Sasmiati, Ari Sofia

Abstract


The problem in this study was that the majority of the children were still struggling to recognize the letter symbol. The purpose of the study was to find out the relationship between letter card playing and the ability to recognize letters. This type of research was correlational quantitative. The samples were 30 children at Tunas Jaya Kinder Garden. The data were collected by using observation and documentation techniques, and analyzed by using correlation Spearman Rank. The results showed that there was a relationship between playing card letters with ability to recognize the symbol of letters that is equal to 0.83, this means that playing letter cards can help stimulate the children ability to recognize the symbol of letters.

Masalah dalam penelitian ini adalah mayoritas anak masih kesulitan dalam mengenal lambang huruf. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara bermain kartu huruf dengan kemampuan mengenal lambang huruf. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anak usia 5-6 tahun di PAUD Tunas Jaya yang berjumlah  30 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan uji korelasai dari Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara bermain kartu huruf dengan kemampuan mengenal lambang huruf yaitu sebesar 0,83, ini berarti bahwa bermain kartu huruf dapat membantu stimulasi kemampuan anak dalam mengenal lambang huruf.

Kata kunci: bermain, kartu huruf, kemampuan mengenal lambang huruf


 


References


Ardy, N. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.

Damaiwaty, R. 2013. Bermain Dan Permainan. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas ilmu Pendidikan. Disertai tidak diterbitkan. Medan: Universitas Negeri Medan.

Hadi, S. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Kencana.

Jamaris, M. 2004. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Disertai tidak diterbitkan. Jakarta: Program Studi Usia Dini PPS Universitas Negeri Jakarta.

Mar’at, S. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sabri, A. 2007. Strategi Belajar dan Mengajar Micro Teaching. Ciputat: PT Ciputat Press.

Santoso, S. 2004. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Timur: Yayasan Citra Pendidikan Indonesa.

Sujiono, Y. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suparno, P. 2001. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.

Sutanto, A. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sujiono. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana.

Yamin, M. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada(GP).

Yus, A. 2005. Penilaian perkembangan belajar anak usia dini. Jakarta: Kencana.

Yus, A. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Anak