Hubungan Penggunaan Media Alam dengan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini

Intan Permata Sari, Sasmiati Sasmiati, Riswandi Riswandi

Abstract


The problem in this research is that the majority of the students find it difficult to tell a story. This research aimed to find out the relation between the use of natural media and early chilhood story telling ability. This was a quantitative research which used correlational type. The subject was 30 students in TK Kartini 2 Bandar Lampung. In collecting the data, the reseacher used observation and documentation techniques. While in analyzing, it used spearman rank correlation test. The result of the research showed that there is a positive relationship between the use of natural media and early chilhood story telling ability. So, this means that the use of natural media can help in improving story telling ability of early childhood.


Masalah dalam penelitian ini adalah mayoritas anak masih kesulitan dalam bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media alam sekitar dengan kemampuan bercerita anak usia dini. Jenis Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan tipe korelasional. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 30 anak yang ada di TK Kartini 2 Bandar Lampung. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan uji korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara penggunaan media alam sekitar dengan kemampuan bercerita anak usia dini. Hal ini berarti bahwa penggunaan media alam sekitar dapat membantu meningkatkan kemampuan bercerita pada anak usia dini.
.
Kata Kunci: anak usia dini, kemampuan bercerita, media alam


References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Gunarti, W. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hartati, S. 2005. Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Kurniasari, I. 2018. Penggunaan Media Alam Sekitar dan Kemampuan Berfikir Logis Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.4. No.2. Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/15163. Universitas Lampung. Diakses pada 12 Desember 2018.

Permendiknas No. 137 Tahun 2014. 2014. Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dikti.

Rachmawati, Y., Kurniati E. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Rosdiana. 2015. Pengaruh Aktivitas Bermain Dengan Media Alam Terhadap Kemampuan Kognitif Mengklasifikasi Benda Pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Amalia Tanjung Senang Bandar Lampung. Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/P AUD/article/view/8869. Diakses pada 15 Januari 2017.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sujiono. 2009. Pengertian Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sujiono, Y. N. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: PT Indeks.

Solehudin. 2002. Pembelajaran Berorientasi Perkembangan. Yogyakarta: Penataran Penulisan Bahan Ajar PGTK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Anak