Media dan Kaitannya dengan Pemahaman Konsep Ukuran pada Anak Usia Dini

Destila Permata Fury, Sasmiati Samiati, Riswanti Rini

Abstract


This event will be based on research by a lack of understanding of children ages 5-6 years on the concept of size. This research aims to know the relationship between the use of media of instruction, with an understanding of the concept of size. Type of this research is quantitative research is experimental is non korelasional. The subject of this research is children ages 5-6 years at PAUD Cut Mutia Bandar Lampung that add up to 20 people. Determination of Purposive Sampling done with the subject. Data collection is done using the technique of observation and documentation. The data were analyzed by using the cross-table analysis and Spearman Rank. The results of this research show that there is a relationship between the use of media with an understanding of the concept of size. This means that the use of media can help simplify early childhood in getting to know the concept of size.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman anak usia 5-6 tahun tentang konsep ukuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media pembelajaran dengan pemahaman konsep ukuran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat non eksperimental yang bersifat korelasional. Subjek penelitian di ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Cut Mutia Bandar Lampung yang berjumlah 20 orang. Penentuan subjek dilakukan dengan Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan  menggunakan tabel silang dan analisis Spearman Rank. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara penggunaan media dengan pemahaman konsep ukuran. Hal ini berarti bahwa penggunaan media dalam pembelajaran dapat membantu mempermudah anak usia dini dalam mengenal konsep ukuran.

 

Kata kunci : media pembelajaran, konsep ukuran, anak usia dini 


References


Ahmad, A. K. H. 2007. Media Pembelajaran. Makasar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makasar.

Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Yrama Widya.

Dale, Edgar. 1969. Audio Visual Methods in Teaching. New York: Holt, Rinehart and Winston Inc. The Dryden Press.

Gerlach, Venon S., and Donald P. Ely. 1980. Teaching and media : A systematic approach. Second edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hambali, J. 1991. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Depdikbud.

Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif:Mendukung Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Kustandi, C. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Septikasari, F. R. 2015. Peningkatan Pemahaman Konsep Ukuran Melalui Kegiatan Bermain Pasir Menggunakan Neraca Sederhana pada Kelompok A RA Nurul Ummah Karang Duwet Mojayan Klaten Tengah. Jurnal PG PAUD UNY. http://eprints.uny.ac.id. Diakses 20 Mei 2016

Sujiono, Yuliani N. dkk. 2006. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono & Yuliani, N. 2007. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Suryani, N. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana.

Tarigan, D. 2006. Pembelajaran Matematika Realistik. Jakarta: DEPDIKNAS.

KBBI. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/media. Diakses 20 Mei 2016

Yus, A. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak