Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini melalui Aktivitas Bermain Peran Makro

Marlina Putri, M. Thoha BS. Jaya, Lilik Sabdaningtyas

Abstract


The problem of this study was low gross motoric skill. The study aimed to determine the influence role playing and children gross motoric development aged 5-6 years old at Adzkia Kindergarten Bandar Lampung. This study method used treatment by subject designs. The population in this study of 36 children and a sample of 20 children. Data were collected by observation and documentation. Data was analyzed by using simple linear regression. The result showed that there were an influence between role playing and gross motoric developmentof children aged 5-6 years in kindergarten Adzkia Bandar Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan motorik kasar anak di TK Adzkia Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas bermain peran makro terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Adzkia Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperiment. Populasi pada penelitian ini berjumlah 36 anak, sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh aktivitas bermain peran makro terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Adzkia Bandar Lampung.

Kata Kunci: bermain peran makro, motorik kasar, aktivitas bermain


Full Text:

PDF

References


Bardida. F. 2016. The effectiveness of a community-based fundamental motor skill intervention in children aged 3–8 years: Results of the “Multimove for Kids” project. Tersedia di https://doi.org/10.10.16/j.jsams.2016.07.005. Diakses pada 22 Juli 2018

Diyah. 2015 Hubungan Kegiatan Bermain Peran Makro Dengan Keterampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun, Jurnal Pendidikan Anak. Vol. 1 No.4 (2015).Tersedia di http://jurnal.fkip.unila.co.id/index.php/PAUD/article/view10009/6670.di akses pada 23 mei 2018

Lestari Rohmani. 2014. Meningkatkan Kempuan Motorik Kasar Melalui Gerak Lokomotor Pada Anak Kelompok B2 TK Aba Gobang. Jurnal pendidikan guru PAUD S-1 Vol,3 No. 5 (2014). Tersediadi http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD article/view/11370/8073.di akses pada 23 mei 2018

Eickmann, S. 2013. Improved cognitive and motor development in a community-based intervention of psychosocial stimulation in northeast Brazil.Developmental Medicine & Child Neurology.Tersedia di https://eppi.ioe.ac.uk/cms/Portals/0/PDF%20reviews%20and%summaries/ECD%202014%20Rao%20evidance%20brief.pdf?ver=2014-11-24-105457-973. Diakses pada 23 Juli 2018

Fadhillah. M. 2013. Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Ar-ruz Media.Yogyakarta.

Gafur, A. 2012.Desain Pembelajaran. Ombak: Yogyakarta.

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan AUD. PT Luxima Metro Media: Jakarta.

Hidayanti, M. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Bakiak.Tersedia di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ed=2ahUKEwi__7r8irrcAhVFfX0KHSMYB8sQFjABegQIABAC&url=http%3A%2F2Fpps.unj.ac.id%2Fjournal%2Fjpud%2Farticle%2Fdownload%2F113%2F113&usg=AOvVaw1hjMt59t0UNltvmDnNkqlO

Gafur, A. 2012.Desain Pembelajaran. Ombak: Yogyakarta.

Hasnida. 2014. Analisis Kebutuhan AUD. PT Luxima Metro Media: Jakarta.

Hidayanti, M. 2013. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Bakiak.Tersedia di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi__7r8irrcAhVFfX0KHSMYB8sQFjABegQIABAC&url=http%3A%2F%2Fpps.unj.ac.id%2Fjournal%2Fjpud%2Farticle%2Fdownload%2F113%2F113&usg=AOvVaw1hjMt59t0UNltvmDnNkqlO. Diakses pada 20 Juli 2018

Hidayanti, M. 2013. Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Bakiak. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi__7r8irrcAhVFfX0KHSMYB8sQFjABegQIABAC&url=http%3A%2F%2Fpps.unj.ac.id%2Fjournal%2Fjpud%2Farticle%2Fdownload%2F113%2F113&usg=AOvVaw1hjMt59t0UNltvmDnNkqlO. Diakses pada 21 Juli 2018

Karmila, M. 2017. Upaya Guru Meningkatkan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di Kelompok Bermain Geger Sunten. Tersedia di https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=10&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwjevd2wibrcAhVRVH0KHdNIDFAQFjAJegQICRAC&url=http%3A%2F%2Fe-journal.stkipsiliwangi.ac.id%2Findex.php%2Fempowerment%2Farticle%2Fdownload%2F372%2F270&usg=AOvVaw0QX0TLtP9cQiJg3aP4ofbd. Diakses pada 20 Juli 2018.

Siska, Y. 2011. Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. Tersedia di http://jurnal.upi.edu/file/4-Yulia_Siska-edit.pdf. Diakses pada 20 Juli 2018

Wiyani, A. 2014.Psikologi Perkembangan AUD. Gava Media: Yogyakarta.

Yetty. 2014. Tingkat Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak di Gugus Giri Mulyo Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan PAUD S-1 Vol.3 No.52015.tersedia di http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/7525/16729. Diakses pada 30 mei 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak