Kreativitas Guru dan Kompetensi Pedagogik di PAUD Kecamatan Penengahan

Rahma Seftiarani, Ari Sofia

Abstract


This research aimed to determine the relationship between teachers’s creativity and pedagogical competence in PAUD Penengahan districts South Lampung. The research method was associative quantitative research with  correlation data analysis. The research subject were 30 teachers in PAUD Penengahan Districts South Lampung. The sampling technique was purposive sampling. Data were collected by using documentation and questionnaire, and data was analyzed by using product moment correlation. The result show that there was a positive but less close relationship between teacher creativity and teachers pedagogic competence in penengahan districts south lampung.

Masalah  dalam  penelitian  ini  adalah  masih  terdapat  guru  yang belum memiliki kompetensi pedagogik, ditandai dengan sikap yang tidak sesuai peraturan yang ditetapkan,  masih  banyak  guru  yang  tidak memiliki  pandangan  keseluruhan  mengenai teori, praktek dan pendekatan secara terus, dan tidak memiliki pendekatan yang reflektif dan  krisis  dalam  meningkatkan  target  dan  hasil  yang  ingin  dicapai. Penelitian  ini bertujuan  untuk  mengetahui  hubungan  kreativitas  guru dengan  kompetensi  pedagogik. Metode  penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif asosiatif, dengan analisis data korelasi. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 guru di PAUD Kecamatan Penengahan  Lampung  Selatan,  pengambilan  sampel  menggunakan teknik  purposive sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi  dan  kuesioner, sedangkan  data  dianalisis  dengan  menggunakan  korelasi product moment.  Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan positif namun kurang erat antara kreatifitas guru dengan kompetensi pedagogik pada guru Kecamatan Penengahan Lampung Selatan.

 

Kata Kunci: kreativitas guru, kompetensi pedagogik, kompetensi guru, guru anak usia dini


References


Cropley, A.J. 1997. Indexing Creativity Fostering Teacher Behaviour: Replication and Modification. Higher Education of Social Science. 9(3), 1-10. Tersedia: https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED563261.pdf. Diakses: pada 06 Oktober 2018. 10.01 wib.

Fakhriyani. 2016. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains. 4 (2), 2337-9820. Tersedia: jurnal.uim.ac.id/index.php/fkip/article/download/216/170. Diakses: pada 18 Maret 2018. 15:02 wib.

Haenilah, Een Yayah. 2017. Kompetensi Pedagogik Melejitkan Profesionalisme Guru. Bandar Lampung: Pustaka Media.

Munandar, Utami. 2009. Pengembagan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Pemerintahan Republik Indonesia Nomor 137 tentang Standar Pendidikan Nasional Pasal 25 Ayat 2. 2014. Jakarta: Depdiknas.

Sadulloh, Uyoh. 2010. Pedagogik. Bandung: Alfabeta.

Sampurna Jaya, Thoha. 2017. Metodologi Penelitian Sosialdan Humaniora. Bandar Lampung: AURA.

Siregar. S. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana.

Young lee, Choe dan Sik kim. 2016. The Structural Relationships among Teacher Creativity, Teaching Expertise and Creative Teaching Behaviors of Pre-Service Elementary Teachers in Korea. International Journal of Software Engineering and Its Applications.10(11), 293-302. Tersedia: (http://www.sersc.org/journals/IJSEIA/vol10_no11_2016/24.pdf). Diakses pada 5 Oktober 2018. 13:00 wib.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.