Dapatkah Media Realia Alam Sekitar Mempengaruhi Kemampuan Berfikir Ilmiah?

Wulandari Wulandari, Een Yayah Haenillah, Sasmiati Sasmiati

Abstract


The problem in this study was children low scientific thinking ability in Sukabumi kindergarten Bandar Lampung, which marked by the low scientifically such as making geometry stamp, experimenting the mass of object, mixing colours, and observing the nature of water. The purpose of this research was to know the influences of natural realism media toward children scientific thinking ability. This research used quantitative method with causal associative type. The samples were 30 children. Data technique were using observation and documentation, and analyze by simple linear regression. The results showed that there was a significant influences between natural media realia and children scientific thinking ability aged 5-6 years in Bangsa Ratu kindergarten Sukabumi Bandar Lampung.

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berfikir ilmiah anak di TK Bangsa Ratu Sukabumi Bandar Lampung, yang ditandai anak belum mampu berfikir secara ilmiah seperti membuat stempel geometri, bereksperimen tentang massa benda, pencampuran warna, dan mengamati sifat air. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media realia alam sekitar terhadap kemampuan berfikir ilmiah anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis asosiatif kausal. Sampel penelitian berjumlah 30 anak. Teknik pengambilan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media realia alam sekitar dengan kemampuan berfikir ilmiah anak usia 5-6 tahun di TK Bangsa Ratu Sukabumi Bandar Lampung.

Kata kunci : anak usia dini, berfikir ilmiah, media realia alam sekitar.


Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan AUD. Jakarta; Universitas Terbuka.

Aksioma. 2012. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Secara Lisan Melalui Metode Sosiodrama Pada Anak Kelompok B Di TK Aisyiyah Taruban Tahun Ajaran 2011-2012. E-Journal Universitas Muhammadiyah Surakarta Volume 4 11 hlm. [online] Tersedia di http://library.ums.ac.id/?s=upaya+meningkatkan+kemampuan+berkomunikasi+secara+lisan+melalui+metode+sosiodrama. [diakses tanggal 25 Desember 2015]

Aunio.2008. Children's Early Numeracy In England, Finland And People's Republic Of China. International Journal of Early Years Education, Vol.16 (No.30. Tersedia di: http://wrap.warwick.ac.uk/146/.Diakses pada tanggal 10 Oktober 2017

Beaty, J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Berlly. 2011. Media Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Bromley. 1992. Language Arts. Boston: Allyn Publishing Company.

Choiriyah. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Realia dslsm Peningkatan Pembelajaran IPA Tentang Gaya pada Siswa Kelas V SDN 2 Banjurpasar Tahun Ajaran 2014/2015. E-Journal Universitas Muhammadiyah Surakarta Volume 66 11 hlm. [online] Tersedia di https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/37504/ [diakses tanggal 19 Agustus 2017]

Dhieni. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Dimyati. 2013. Metodelogi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana.

Hamalik.2011. Media Pembelajaran AUD. PT Revika Aditama, Bandung.

Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Isjoni, 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Jamaris, 2006. Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Khodijah. 2006. Konsep Berfikir Anak Usia Dini. GrafindoLiteraMedia. Yogyakarta.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Musfiroh, T. 2005. Bermain sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Oemar. 2004. Perkembangan Anak. Bandung: Yudistira.

Santrock. 2007. Perkembangan Anak. Jakarta: Enrlangga.

Sujiono. 2007. Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Yunus. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Erlangga

Trehearne. 2006. Developing Oral Language and Comphrension in Pre Scshool. Journal NAEYC. United State. 29 hlm. [online] Tersedia di www.naeyc.com/journal/jea20052001099[diakses tanggal 23 mei 2016].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.