Perspektif Guru terhadap Konsep Pembelajaran Menulis Permulaan Anak Usia Dini

Shintia Ramadhon Maki, Een Yayah Haenilah

Abstract


The problem of this research was that not all PAUD teachers in Sukabumi Subdistrict have the same understanding in children early writing concept. The objective of this reaserch was to describe the level of teachers understanding about children early writing concepts. The research method used quantitative descriptive design. The study population consisted of 98 teacher and sample of 49 respondents. The research instrumen was used tests and documens. The data were analyzed by quantitative descriptive analysis. Based on the results teacher's perspective of children early writing concepts, the results obtained in the category of very understanding with a percentage of 26,02%, understanding categories as much as 48,97%, poor understanding 22,44% and 2,55% not understanding categories. Understanding categories are dominated by teachers who have undergraduate and diploma education qualification.

Masalah pada penelitian ini adalah tidak semua guru PAUD di Kecamatan Sukabumi memiliki pemahaman yang sama dalam konsep menulis permulaan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru terhadap pembelajaran menulis permulaan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 98 guru dan sampel berjumlah 49 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian mengenai perspektif guru terhadap konsep menulis anak usia dini maka didapatkan hasil pada kategori sangat paham dengan presentase sebanyak 26,02%, kategori paham sebanyak 48,97%, kategori kurang paham 22,44% dan kategori tidak paham sebanyak 2,55%. Kategori paham didominasi oleh guru yang memiliki kualifikasi pendidikan dan diploma.

 

Kata Kunci: anak usia dini, guru pendidikan anak usia dini, pembelajaran menulis permulaan


References


Dhieni, N, & Azizah M. 2012. Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-Kanak Tentang Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini 4-6 Tahun. Jurnal Ilmiah. Jurnal Volume 7 No. 2. [Online] Tersedia di: journal.unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/download/3664/2724/. [Diakses tanggal 28 November 2017]

Edward, C. P. & Springate, K. W. (1995). Encouraging Creativity In Early Childhood Classrooms. ED389474. [Online]. Tersedia di http://www.kidsource.com/kidsource/conten2/Creativity.html. [Diakses tanggal 28 Agustus 2018)

Gunawan, I, & Anggraini R. P. 2012. Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian. Jurnal Pendidikan. Volume 2 No. 02. [Online]. Tersedia di: [http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/PE/article/view/50. [Diakses tanggal 27 Agustus 2018]

Hadi, S. 2005. Metodologi Penelitian. Andi Yogyakarta. Yogyakarta.

Poop, M. S. 2008. Teaching Languages and Literatures in Elementary Classrooms. Lawrence Erlbaum Associates Inc, London.

Karli, H. 2015. Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-8 Tahun. Jurnal Pendidikan. No. 25. Tersedia di : http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2016/04/jurnal-No25-Thn14-Des2015.pdf/. [Diakses tanggal 29 Juli 2018]

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 137 tahun 2014 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas. Jakarta.

Vazir, N. & Ismail, S. 2009. Developing Creative Writing Skills In Early Childhood: A case study from Pakistan. Journal of Education Reaserch Volume 12 No 2. [Online]. Tersedia di: https://ecommons.aku.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1013&context=pakistan_ied_pdck. [Diakses tanggal 28 Agustus 2018]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak