Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dalam Kaitannya dengan Pemahaman Konsep Sains Anak Usia Dini

Novita Suryani, Een Yayah Haenilah, Sasmiati Sasmiati

Abstract


The problem in this study was that understanding the concept of science was not as expected. This study aims to determine the effect of experiential learning's model on the understanding of scientific concepts of early childhood. This research was experimental quantitative research with treatment by subjects design. The research sample was taken as many as 30 children using by purposive sampling. Data collection was done through observation and documentation, while data were analyzed by paired sample t-test. The results showed that there were differences in understanding the concept of science between before and after using experiential learning's model.

Masalah pada penelitian ini pemahaman konsep sains belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) terhadap pemahaman konsep sains anak usia dini. Penelitian ini merupakan  jenis penelitian kuantitatif yang bersifat eksperimen dengan desain treatment by subjects. Sampel penelitian yang diambil sebanyak 30 anak dengan  menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan data dianalisis dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep sains antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis pengalaman.

Kata Kunci: konsep sains, model pembelajaran berbasis pengalaman



References


Anderson, LW dan Krathwohl, D.R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen (Revisi Taksonomi Bloom). Pustaka : Pelajar

Baharuddin., Wahyuni, EN. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media : Yogyakarta

Estiwi, Enggar., Raharjo, Syamwil. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Berbasis Discovery Learning untuk Memperkenalkan Konsep Sains. {Journal of Primary Education}. Tersedia Online : https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/6916/4959. Diakses pada Tanggal 08 Februari 2018.

Mirawati., Nugraha, Rini. 2017. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. {Jurnal Pendidikan}.Tersedia Online:https://journal.umtas.ac.id/index.php/EARLYCHILDHOOD/article/view/50. Diakses pada Tanggal 08 Februari 2018

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas : Jakarta

Riswanti, Aini. 2013. Peningkatan Pemahaman Konsep Sains Anak Usia Dini dengan Pemanfaatan Media Telur di TK Cendrawasih Kartikajaya. {Jurnal Ilmiah}. Tersedia online : e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/belia/article/view/160. Diakses pada Tanggal 08 Februari 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak