Hubungan Kualifikasi Guru dengan Pemahaman Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini di Kecamatan Metro Utara

Dita Aprilia, Een Yayah Haenilah, Nia Fatmawati

Abstract


The problem of this study is variety of teacher qualification which influenced to the management of early childhood learning.This study aims to determine the relationship of teacher qualification with the management of early childhood learning.This research use quantitative method with correlational approach. Population in this study were PKK Banjarsari,Dharma Wanita TK,and TK Negeri Pembina Metro with 30 populations. collecting data in this study using observation.This research uses the analyst of correlation corona product.The results that there is a very strong correlation between academic qualification and learner management

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualifikasi guru dengan pengelolaan pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 30 guru.Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi.Analisis data digunakan teknik spearman rank.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara kualifikasi akademik dengan pengelolaan pembelajaran.


Kata kunci: kualifikasi guru, pembelajaran, pengelolaan pembelajaran


References


Febrialismanto. 2017. Analisis Kompetensi Profesional Guru Pg Paud Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jurnal Keguruan Universitas Riau.VOL.6 NO.2:130-131.Online:https3A%2F2Fjournal.uny.ac.id%2Findex.php%2Fjpa%2Farticle%2Fdownload%2F17700%2F10164&usg=AOvVaw0TjtjkIe6sWAwDf_r58Dla

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan

Nasional. Mendiknas RI.Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas.Jakarta.

Prapsiwi, Dwi. 2012. Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Keguruan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Online:http://eprints.ums.ac.id/243 02/13/02_Artikel_Publikasi.pdf.

Shabir, M. 2015. Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Jurnal Keguruan

UINAlauddinMakassar.VOL.2NO. 2:221-232.Online:http://journal.uin

-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/878

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. 2013. Konsep Dasar PAUD. Remaja Rosada Karya.Bandung.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. DPR RI dan PresidenRI.Jakarta.

Lestari,Sri.2015.Hubungan Antara Kualifikasi Akademik Guru dengan

Pengelolaan Kelas di Taman Kanak- Kanak Se-Kecamatan Gamolang.

Jurnal Keguruan Universitas MuhammadiyahSurakarta. Online: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/8057/159.pdf?sequence=1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak