Kompetensi Guru PAUD dengan Kemampuan Mengevaluasi Perkembangan Anak

Indah Saputri, Een Yayah Haenilah, Nia Fatmawati

Abstract


The problem in this study was the low of pedagogical competence in early childhood teachers, it meant the ability to evaluate child development was not optimal, the ability to evaluate the development of children was not optimal. The sample were 45 teachers which chosen by simple random sampling. This research was correlational. This research used product moment technique. The results showed that there was a significant relationship between pedagogic competence with the ability to evaluate the development of children of 0,673.

Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kompetensi pedagogik guru PAUD sehingga kemampuan mengevaluasi perkembangan anak belum optimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi pedagogik guru PAUD dengan kemampuan mengevaluasi perkembangan anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 orang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan teknik analisis product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik dengan kemampuan mengevaluasi perkembangan anak sebesar 0,673.

Kata Kunci : evaluasi, pembelajaran anak usia dini, kompetensi pedagogik


References


Koestoro,Budi& Bawori. 2006. Strategi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yayasan Kampusnia: Surabaya.

Haenilah. 2015, Kurikulum dan Pembelajaran PAUD.Media Akademi:Yogyakarta.

Haenilah. 2017. Kompetensi Pedagogik Melejitkan Profesionalisme Guru. Pusaka Media: Bandarlampung.

Herppich, Stephanie. 2017. “Teachers' assessment competence: Integrating knowledge-, process-, and product-oriented approaches into a competence-oriented conceptual model”. https: //www.sciencedirect.com/ science/article/pii/S0742051X17303141.diakses 17 november 2017.

Jabbarifar, Taghi.2009. The Importance Of Classroom Assessment And Evaluation In Educational System. Proceedings of the 2nd International Conference of Teaching and Learning:1-9. https ://pdfs. semanticscholar. org/db8c/4d3e5e56aa80c220e17eeac25183acaaa43d. pdf. Diakses pada 17 november 2017.

Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Liakopoulou. 2011. On becoming a teacher: a lifelong process. European journal of education. Volume 46, issue 4, pages 474-488, desember 2011. http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1111/%28ISSN%291465-3435.diakses 3 agustus 2018.

Mardhapi, Djemari. 2017. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Prama Publishing: Yogyakarta.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.

Novanti, Dkk. 2012. Pemetaan Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di Kota PekanBaru. https://ejournal.unri.ac.id Diakses pada 17 November 2017.

Rahmawati, N. 2013. Tingkat Pengetahuan Guru TK Mengenai Kompetensi Pedagogik. Jurnal Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. (Online). Tersedia di http://repository.upi.edu/4918/4/s_PAUD_0803562_chapter1.pdf. Diakses 07 September 2018.

Retnowati, Dkk. 2013. Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten. Jurnal evaluasi pendidikan. Vol 1. No 2. Diakses 04 Agustus 2018.

Sadulloh, Uyoh, dkk. 2011. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Cet, ke – 2, CV. Alfabeta: Bandung.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks: Jakarta.

Sudijino, Anas. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. 2011. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Alfabeta : Bandung.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pustaka Abadi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak