Hubungan Permainan Finger Painting dengan Kemampuan Menulis pada Anak Usia Dini

Eva Tuljannah, Riswanti Rini, Ari Sofia

Abstract


Abstract

The development of writing skills in children needs to be developed from an early age. The research aimed to know the correlation of finger painting game with writing skills in early childhood The research used a quantitative method with the correlation approach. The population in this research was children in west Iampung RA KOllmanfrom 5-6 years old, from the total are 30. children. The data were collected by using observation and documentation. The data was analyzed by using product moment correlation. The result showed that there is a significant relationship between finger painting game with writing skills in early childhood It was proved from the calculation of the product moment correlation as much os are 0,61.

 

Perkembangan kemampuan menulis pada anak perlu dikembangkan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara permainan finger painting dengan kemampuan menulis pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di RA Kauman Lampung Barat kelompok usia 5-6 tahun yang berjumlah 30 anak. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara permainan finger painting dengan kemampuan menulis  pada anak usia dini. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan korelasi product moment sebesar 0,61.

 

Kata Kunci : finger painting, kemampuan menulis, motorik halus


References


Amanda, Yuventi. 2016. Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Finger Painting Pada Kelompok B1 TK ABA Gambrengan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.5. No.1. Tersedia di http://journal.student. uny.ac.id/ojs/index.php/pgpaud/article/viewFile/581/575. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 10 Januari 2018.

Astria, Nina, dkk. 2015. Penerapan Metode Bermain Melalui Kegiatan Finger Painting Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus. e-Journal PG PAUD. Vol.3. No.1. Tersedia (Online). https://ejournal. undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/viewFile/6204/4356. Universitas Pendidikan Ganesa. Diakses pada tanggal 25 Oktober 2017.

Christianti, Martha. 2013. Membaca dan Menulis Permulaan Anak Usia dini. Jurnal Pendidikan Anak. Vol.2. No.2. Tersedia di https://journal.uny. ac.id/index.php/jpa/article/view/3042. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 12 Desember 2017.

Dinehart, Laura H. 2014. Handwriting in early childhood education: Current research and future implications. Journal of Early Childhood Literacy. Tersedia di http://journals.sagepub. com/doi/abs/10.1177/1468798414522825?journalCode=ecla. Florida International University. Diakses pada tanggal 13 Desember 2017.

Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Universitas Terbuka. Jakarta.

Nurhayati dan Sri Widayati. 2016. Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Media Pasir Pada Anak Kelompok A TK Kyai Hasyim. E-journal UNESA. Vol. 5. No. 1. Tersedia di http://jurnalmahasiswa. unesa.ac.id/index.php/paudteratai/article/view/13399. Universitas Negeri Surabaya. Diakses pada tanggal 12 Januari 2018.

Nuryamah, dkk. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Dalam Melengkapi Cerita Rumpang Menggunakan Media Gambar Dan Papan Bergaris. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1. No. 1. Tersedia di http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3566. Universitas Pendidikan Indonesia. Diakses pada tanggal 12 Desember 2017.

Pamadhi, Hajar. 2008. Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Universitas Terbuka. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta. Bandung.

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Depdiknas Dirjen Dikti. Jakarta.

Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Kencana. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak