PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN SEKITAR TERHADAP PERKEMBANGAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS ANAK USIA DINI

Anfika Maharani, Een Yayah Haenilah, Maman Surahman

Abstract


This research is purposed to discover about influence of using approach  to enviromental exploration  to the development of understanding the concept of science child 5-6 years old in TK Andini sukarame, Bandar lampung. This research is quantity research with using experimental approach. Method in this research is using experiment, with Treatment By Subjects Design. Retrieval technique sample is using simple random sampling, sample in this research numbered 19 children. Technique data accumulation uses observation and documentation. Data is analized with using simply linear regression test to see The influence of using approach to enviromental exploration child. ssIt is proved that there is improvement in the development of  understanding of science concepts before and after using approach to enviromental exploration. This result means that using approach  to enviromental exploration can help to increase the development of understanding the concept of science child 5-6 years old.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar terhadap perkembangan pemahaman konsep sains anak usia 5-6 tahun di TK Andini Sukarame kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan Treatment By Subjects Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana untuk melihat pengaruh penggunaan pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar terhadap perkembangan pemahaman konsep sains Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar terhadap pemahaman konsep sains anak. Terbukti bahwa ada peningkatan perkembangan pemahaman konsep sains sebelum dan sesudah penggunaan pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar. Disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan eksplorasi lingkungan sekitar dapat meningkatkan perkembangan pemahaman konsep sains anak usia 5-6 tahun.

                                             

Kata Kunci:perkembangan kognitif,pemahaman konsep sains, eksplorasi lingkungan.

 

 


References


Aisyah, Nur Laily. 2014. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dasar Dengan Pendekatan Inquiry. Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 8, No 4:49-61.

Hadi, S. 2006. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Kustiani, Dian. 2015. Hubungan aktivitas pembelajaran berbasis lingkungan alam dengan kemampuan bereksplorasi pada anak usia dini. Universitas Lampung. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan. Vol 1, No 4.

Mar’at, S. 2007. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musbikin, I. 2010. Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana.

Rachmawati, Y & Kurniati E. 2010.StrategiPengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Sujiono & Yuliani, N. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sujiono, Yuliani N & Sujiono, B. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak