Pengetahuan Guru PAUD terhadap Beyond Centers and Circle Time

Laylatul Rodiah, Riswanti Rini, Ari Sofia

Abstract


This study aimed to describe the knowledge of PAUD teachers toward Beyond Centers and Circle Time (BCCT) learning model. This study was conducted in Labuhan Maringgai Sub-district, East Lampung with the population 106 teachers. This study was used purposive sampling technique with the consideration of teacher with education background of Senior High School/equal to 46 teachers. The data were collected by tests and documents technique. Data of this study was analyzed by descriptive quantitative. The results showed that most of the teachers do not understand about BCCT learning model, expecially the meaning of BCCT (20% of 46 teachers have understood), BCCT principles (26% of 46 teachers have understood), BCCT steps (13% of 46 teachers have understood), application procedures (15% of 46 teachers have understood) and learning evaluation procedures (26% of 46 teachers have understood).


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan guru PAUD terhadap Beyond Centers and Circle Time (BCCT). Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur dengan populasi yaitu seluruh guru TK di Kecamatan Labuhan Maringgai yang berjumlah 106 guru. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan guru yang berlatar belakang pendidikan SMA/sederajat yang berjumlah 46 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumen. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru tidak paham tentang pembelajaran BCCT yang meliputi pengertian BCCT (20% dari 46 guru telah memahami), prinsip BCCT 26%, langkah-langkah 13%, prosedur penerapan 15% dan prosedur evaluasi pembelajaran 26%.

Kata Kunci : beyond centers and circle time, pendidikan anak usia dini, pengetahuan guru


References


Arikunto, S. 2009. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Asmawati, L. dkk. 2010. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Universitas Terbuka. Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional, 2006. Pedoman Penerapan Pendekatan Beyond Centers and Circle Time. Pendekatan Sentra dan Lingkaran dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Depdiknas. Jakarta. (Online). Tersedia di http://riyadi.staff.umy.ac.id/files/2010/01/pedoman-bcct-bagian-1.pdf. Diakses pada 3 November 2017.

Dirman dan Juarsih. 2014. Penilaian dan Evaluasi. Rineka Cipta. Jakarta.

Elliana, E. 2014. Implementasi Model Pembelajaran BCCT di Pre School Intan Permata Aisyiyah Makamhaji Tahun 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta. (Online). Tersedia di http://eprints.ums.ac.id/29299/11. Diakses pada 16 November 2017.

Fitriani dan Isyam. 2012. The use of BCCT Approach to Teach English Vocabulary to Kindergarten’s Pupils. Jurnal of English Language Teaching. Vol 1, No 1. (Online). Tersedia di http://ejournal.unp.ac.id . Diakses pada 4 Januari 2018.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Data Referensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (Online). Tersedia di http://referensi.data.kemdikbud.go.id/index21.php?kode=120700&level=2 . Diakses pada 7 Mei 2018.

Munawar, M. dkk. 2011. Model Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru RA Melalui Pendekatan Pembelajaran BCCT. Jurnal Penelitian PAUDIA. Vol 1, No 1, 23-38. (Online). Tersedia di http://journal.-upgris.ac.id/ paudia/article/view/258. Diakses pada 8 Januari 2018.

Ngatmini, dkk. 2010. Kemampuan Mengajar Guru PAUD Nonformal Mekar Sari dalam Menerapkan BCCT (Beyond Centers and Circles Time). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol 1, No 2. (Online). Tersedia di http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/142. Diakses pada 8 Januari 2018.

Nirmala, R & Veronica, P. 2009. Early Childhood Care and Education in Cambodia. International Journal of Child Care and Education Policy. Vol 3, No 1, 13-26. (Online). Tersedia di http://link.springer.com/-content/pdf/10.1007%2F2288-6729-3-1-13. Diakses pada 8 Januari 2018.

Sujiono, Y. N. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT. INDEKS. Jakarta.

Viona, M. 2016. Kemampuan Guru Menerapkan Model Pembelajaran BCCT di TK Mujahidin II Pontianak Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 5, No 5. (Online). Tersedia di http://jurnal.untan.ac.id/view/15407. Diakses pada 8 Januari 2018.

Wardoyo. dkk. 2015. Development of Moral Values and Constructivism Through The Bilingual Learning Model with a BCCT in Early Childhood Education in Semarang. Proceedings (Language Maintenance and Shift V). (Online). Tersedia di http://eprints.undip.ac.id. Diakses pada 4 Januari 2018.

Widowati, R. 2009. Keunggulan Metode Beyond Centers and Circle Times dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TKIT Chandra Jogokaryan Yogyakarta. (Online). Tersedia di http://digilib.uin-suka.ac.id/8682/. Diakses pada 7 Desember 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.