Hubungan Penggunaan Alat Permainan Edukatif Kartu Huruf Bergambar Dengan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini
Abstract
The problem on this research was the low of children’s ability to recognize letters of ages 4-5 th. The research aimed to know the correlation of using educative game tools picture letter cards and ability to recognize letters. The research used a quantitative method with the correlation approach. The research subject was 16 students of group 4-5 th in Bina Mulya Kinder Garden. The data analysis used mann-whiteney. The research showed the average score of game tools picture letter cards whice is 87 includes a very active category and the average score of ability to recognize letters whice is 82 includes according to expectations category. The result showed that there is a correlation significants between the use educative game tools picture letter cards and ability to recognize letters with the coefficient Z is -0,812 with level significant percent.
Masalah penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan alat permainan edukatif kartu huruf bergambar dengan kemampuan mengenal huruf anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian ini adalah siswa TK Bina Mulya kelompok usia 4-5 tahun yang berjumlah 16 anak. Analisis data menggunakan korelasi mann-whiteney. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pada kartu huruf bergambar sebesar 87 dengan kategori sangat aktif dan rata-rata nilai pada kemampuan mengenal huruf sebesar 82 dengan kategori berkembang sesuai harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan alat permainan edukatif kartu huruf bergambar dengan kemampuan mengenal huruf anak dengan koefisien nilai Z sebesar -0,812 dengan taraf signifikansi 5 persen.
Kata Kunci : alat permainan edukatif, anak usia dini, kartu huruf bergambar, kemampuan mengenal huruf
References
Aulia. 2011. Mengajarkan Balita Anda Membaca. Magelang : Intan Media
Dardjowidjojo, S. 2003. Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Luxima Metro Media
Jufri, Wahab.2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Rahmawati, Ima.2013. Pengaruh Penggunaan Media Flash Card (Kartu Gambar) dalam Meningkatkan Membaca Anak PraSekolah. [online] Volume 8 Nomor 2. Tersedia di ejournal.stikes-ppni.ac.id. [Diakses 8 maret 2018]
Rolina, Nelva. 2012. Alat Pemainan Edukatif Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ombak
Rose dan Roe. 1990. Sayang Belajar Membaca Yuk. Solo: Individu Media Kreasi
Sudono, Anggani. 2010. Sumber Belajar dan Alat Permaianan (Untuk Anak Usia Dini). Jakarta: PT Grasindo
Ulah, Miftachul. 2013. Pengaruh PenggunaanMedia Flash Card Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Kelompok A RA Roudothul Islamiyah Sidoarjo.[online]. Vol.2 No.1. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/1472. [Diakses 8 januari 2018]
Wood, Junice dan Mclemore Bronwyn. 2001. Critical Components in Early Literacy - Knowledge of the Letters of the Alphabet and Phonics Instruction. The Florida Reading Quarterly.[Online].Vol. 38, No. 2 December 2001. Tersedia di www.unf.edu. [Diakses 17 Desember 2017]
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.