Pemahaman Guru PAUD Terhadap Kompetensi Pedagogik

Jevy Narsita Lestari, sasmiati sasmiati, Riswandi Riswandi

Abstract


This study aims to describe the teacher's understanding of pedagogic competence. The type of this research is quantitative descriptive research. The research population of PAUD teachers are 66 teachers with various educational qualifications and the sample of 33 respondents studied background of S1. Technique of collecting data using Test. Data analysis using quantitative descriptive. The results showed that most teachers have understood about the students, the implementation and implementation of learning activities, planning of learning activities and implementation of learning evaluation.


Masalah dalam penelitian ini adalah belum semua guru PAUD menguasai pemahaman yang sama terhadap kompetensi pedagogik di Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian guru PAUD 66 orang guru dengan ragam kualifikasi pendidikan dan di ambil sampel penelitian 33 orang responden berlatarbelakang S1. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru telah memahami tentang peserta didik, pelaksanaan dan penerapan kegiatan pembelajaran, perencanaan kegiatan pembelajaran dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Kata Kunci: kompetensi Pedagogik, guru pendidikan anak usia dini


References


E.J. White., M. Peter., B. Redder. 2015. Infant and teacher dialogue in education and care: a pedagogical imperative. (Online) tersedia di https://ac.elscdn.com/S0885200614001197/1-s2.0-S0885200614001197-main.pdf?_tid=ca94e63a-1526-11e8-899a00000aacb35f&acdnat=1519011879_a3bd52e9438a2611b4c723e18257f149diakses tanggal 19 Februari 2018.

Haenilah. E. Y. 2017. Kompetensi Pedagogik. Lampung: Pusaka Media.

Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Musfah, J. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.

Olga K. Logvinova. 2016. Sosio-pedagogical approach to multicultural education at preschool. (Online) tersedia di https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042816314367 diakses 19 Februari 2018

Peraturan Pemerintah Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Sadulloh, U. 2011. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung. Alfabeta.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Bintang Pustaka Abadi.

Sudijono, A. 2007. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tigrran, S., Jure, K., Maria U,. 2014. Creating New Leaarning Ennvironments: Challenges for Early Childhood Development Architecture and Pedagogy in Rusia (Online) tersedian di https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042814047387diakses 19 Februari 2018.

Yufiarti. 2009. Profesionalitas Guru PAUD. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak