Pemahaman Guru Paud Terhadap Pembelajaran Kontekstual Kurikulum 2013

Fera Aristantia, Sasmiati Sasmiati, Riswandi Riswandi

Abstract


The goal of this study was to describe the level of teachers understanding about contextual learning of curriculum 2013 in Kalianda Subdistrict Lampung Selatan. This study used quantitative descriptive approach with subjects of this research are 31 respondent early childhood teachers in Kalianda Subdistrict. The datas were collected by test and document. The research instruments was used tests and documents. The datas were analyzed by quantitative descriptive analysis. The research showed : 1) that most of the teachers not comprehend about concepts and characteristic of contextual learning, 2) that most of the teachers have comprehend about principles and more and lack of contextual learning.


Masalah dalam penelitian ini adalah masih banyaknya guru yang belum memahami pembelajaran kontekstual pada Kurikulum 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman guru tentang pembelajaran kontekstual pada kurikulum 2013 Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif.subjek penelitian ini adalah guru-guru PAUD yang ada di kecamatan kalianda Lampung Selatan yang berjumlah 31 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi, Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dipersentasekan. Hasil penelitian ini menunjukan pemahaman guru terhadap pembelajaran kontekstual lebih dari setengah responden sudah memahami yaitu konsep, prinsip-prinsip, karakteristik,komponen kelebihan dan kekurangan pembelajaran kontekstual.

Kata Kunci : kontekstual, pemahaman, pembelajaran.



References


Anggraini, D. 2017. Penerapan Pembelajaran Kontekstual pada Pendidikan Anak Usia Dini. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. (Online), Volume 1, No. 1, (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/1722), diakses 19 Januari 2018.

Abdullah. 2014 Rineka Metode pembelajaran kontekstual Teaching and Learning. Jakarta: Cipta.

Barblett. L. 2010. Why play-based learning?. [Online]. Early Chilhood Australia. Volume 16, No. 3. Availabel: http://www.earlychildhoodaustralia.org.au/our-publications/every-child-magazine/every-child-index/every-child-vol-16-3-2010/play-based-learning-free-article/. (14 Agustus 2016).

Gafur, A. 2013. Penerapan Konsep dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and earning) dan Desain Pesan dalam Pengembangan Pembelajaran dan Bahan Ajar. Cakrawala Pendidikan. (Online). Volume 12, No. 3. (https://media.neliti.com/media/publications/85506-ID-penerapan-konsep-dan-prlnsip-pembelajara.pdf), diakses 19 Januari 2018.

Glynn, SM & Winter, LK. 2014. Contextual Teaching and Learning of science in elementary schools. [Online]. Journal of Elementary Science Education. Volume 16, No. 2. Avaliabel: https://link.springer.com/article/10.1007/BF03173645). ( 20 Januari 2018).

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hudson, CC & Whisler, VR. 2014. Contextual Teaching and Learning for Practitioners. [Online]. Systematics, Cybernetics and Informatics. Volume 6, No. 4. Avaliabel: https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.iiisci.org/journal/cv%24/sci/pdfs/e668ps.pdf&ved=2ahUKEwjW8-H3gOjYAhVFOo8KHdEwBTsQFjAAegQIFRAB&usg=AOvVaw0zyRkaAA8cNQzD2zb58dpD). (19 Januari 2018).

Kokom, K 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Aditama.

Sihono, T. 2014. Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Model Pembelajaran Ekonomi dalam Kbk. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. (Online). Volume 1, No. 1. (https://media.neliti.com/media/publications/17282-ID-contextual-teaching-and-learning-ctl-sebagai-model-pembelajaran-ekonomi-dalam-kb.pdf). Diakses pada 27 Januari 2018.

Sujiono. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak