Pelaksanaan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Anak Usia Dini

Lungit Wicaksono

Abstract


The purpose of this study was to know the implementation of physical education and sports for early childhood at kindergarten in Bandar Lampung in 2017. This research uses survey method with qualitative descriptive analysis approach. The sample is kindergarten teacher in Bandar Lampung with 110 people taken by random sampling. Data collection using questionnaires. Based on the results of data analysis can be concluded that the implementation of physical education and sports for early childhood at kindergarten in Bandar Lampung already implemented properly.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga untuk anak usia dini pada sekolah PAUD di kota Bandar Lampung tahun 2017. Penelitian ini menggunakan metode surveri dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Sampel adalah guru PAUD di Kota Bandar Lampung dengan jumlah 110 orang yang diambil secara random sampling. Pengumpulan data mengunakan kuesioner. Berdasarkan hasil analisi data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan jasmani dan olahraga untuk anak usia dini pada sekolah PAUD di kota Bandar Lampung sudah sudah dilaksanakan dengan baik.

Kata kunci: anak usia dini, olahraga, pendidikan jasmani


References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Apta, M. 2014. Konstruksi Tes Ketrampilan Bola Basket untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Olahraga Pendidikan, 1, 32-46.

Husdarta. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Afabeta.

Paiman. 2009. Olahraga dan Kebugaran Jasmani (Physical Fitness). Cakrawala Pendidikan, 3, 270-281.

Sujiono, B. (2011). Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak