Aktivitas Bermain Teka-teki Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Anak Usia Dini
Abstract
The problem of the research was children low level literacy skils development. This research aimed to know the influence of puzzelz games toward children literacy skills development Group B in Mardisiwi kindergarten Mataram Baru east Lampung. The research methods were Pre-experimental with One Group Pretest-Posttest designed. Samples technique was simple random sampling with 30 students. Data were collected by observation and documentation. Data was analyzed by using simple linear regression. The results showed that there were an influences of puzzlez games toward children literacy skils development. Puzzlez games contributed 72,4% to the children literacy skils development.
Masalah penelitian ini adalah anak belum bisa mengenal keaksaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain teka-teki terhadap kemampuan mengenal keaksaraan anak kelompok B di TK Mardisiwi Mataram Baru Lampung Timur. Metode penelitian bersifat Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh antara bermain teka-teki terhadap kemampuan mengenal keaksaraan pada anak. Bermain teka-teki memberikan kontribusi sebanyak 72,4% terhadap kemampuan mengenal kekasaraan anak.
Kata Kunci : teka-teki, keaksaraan, anak usia dini
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Budiningsih,A.2012.Belajar dan Pembelajaran.Rineka Jakarta:Cipta.
Fadilah, M. 2012. Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hafidah. 2015. Perkembangan Keaksaraan Meningkat Melalui Metode Mind Mapping Pada Anak Kelompok B Tk Islam Bakti IX Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.Universitas Sebelas Maret.Surakarta
(http://jurnal.fkip.uns.ac.id>paud>article>view) [diunduh pada tanggal 5 oktober 2017].
Judy, G. 2013. Relationships between early literacy and nonlinguistic rhythmic processes in kindergarteners. Tersedia di http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0167268114001231 [diunduh pada 11 januari 2018]
Kuswati. 2015. Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Permainan Kartu Huruf Pada Anak Kelompok A. Universitas Negeri Surabaya.Surabaya (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/11713/baca-artikel) [diunduh pada tanggal 5 oktober 2017]
Masudah .2015. Pengaruh Permainan Teka-teki Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya (https://www.scribd.com/doc/261397385/pengaruh-permainan-petak-umpet-terhadap-kemampuan-sosial-emosional-anak) [diunduh pada tanggal 20 oktober 2017]
Otto,B. 2015.Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta :Prenada Media.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.
Sugiyono.2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung:ALFABETA.
Sujiono, Y .2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Indeks.
_____________.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak.
Jakarta:Indeks.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pendidikan Anak under by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.