Bermain Lompat Tali dan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini

Nunung Uswatun Hasanah, M. Thoha Sampurna Jaya, Maman Surahman

Abstract


The problem in this research was children locomotor development aged 5-6 years old in TK Nurul Iman Tanggamus still low. The purpose of the research was to find out the correlation between jumping the rope activity with children locomotor development. The research was used correlational method. Sample were 14 children. Sampling technique was used proportionate stratified random sampling technique. Data were collected by observation and documentation. The instrument was used observation sheet in the form of rating scale. Data was analize by using test table analysis and spearman rank data correlation test. The results showed that there was a signifikan correlation between jumping the rope activity with children locomotor development aged 5-6 years old in TK Nurul Iman Tanggamus by 0,85.

Masalah dalam penelitian ini adalah perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Tanggamus yang masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji hubungan aktivitas bermain lompat tali dengan perkembangan motorik kasar anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian korelasional dengan sampel sebanyak 14 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Data yang diambil melalui teknik observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berupa rubrik penilaian jenis rating scale. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis tabel dan uji korelasi data Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang erat antara aktivitas bermain lompat tali dengan perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Tanggamus sebesar 0,85.

Kata Kunci : anak usia dini, bermain lompat tali, perkembangan motorik kasar


References


Arikunto,Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta: Jakarta.

Bambang, Sujiono. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Diah. R dan Rosalia, D. 2016. Aku Pintar dengan Bermain. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Solo

Febriani, E. 2015. Upaya Meningkatkan Pengembangan Motorik Kasar (Melompat) Anak Melalui Permainan Lompat Tali pada Kelompok B Tk Al-Hidayah Palaosan Tahun Pelajaran 2015-2016. Universitas Sebelas Maret. Tersedia di Http://Www.Jurnal.Fkip.Uns.Ac.Id/Index.Php/Pip/Article/View/7498. Diakses 9 Maret 2017.

Hadi, Sutrisno. 2014. Pedoman Penelitian Pembelajaran PAUD. Balai Pustaka. Jakarta.

Jamaris, Martini. (2009). Kesulitan Belajar: Assesmen dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Joanne, Hui-Tzu Wang. 2009. A Study on Gross Motor Skills of Preschool Children. Tersedia di http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/02568540409595052. Diakses pada tanggal 27 Januari 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014. Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Puspitowati, Prihatini S. 2012. Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali pada Kelompok B di Tk Pertiwi Sribit Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. UNIVERSITAS MUHAMMADYAH SURAKARTA. Tersedia di https://www.google.com/search?q=UPAYA+MENINGKATKAN+MOTORIK+KASAR+ANAK+MELALUI++PERMAINAN+TRADISIONAL+LOMPAT+TALI+PADA+++++KELOMPOK+B+DI+TK+PERTIWI+SRIBIT++DELANGGU+KLATEN+++TAHUN+AJARAN+2012%2F2013&ie=utf-8&oe=utf-8&client=firefox-b. Diakses 20 Oktober 2017.

Sari, Indah .P. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Lompat Tali pada Kelompok A di Tk Aba Ngabean 1 Tempel Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta. Tersedia di. Http://Journal.Student.Uny.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Pgpaud/Article/View/328. Diakses 7 November 2016.

Sofyan, H. (2016). The Increase of Early Childhods Motoric Development with Thematic Approach. Jambi University. Tersedia di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ijeces. Diakses pada 25 Januari 2018.

Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan. ALFABETA. Bandung.

Sujiono, Yuliani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Indeks. Jakarta.

Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Anak