Media Dan Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini

Herlin Yuliana Sari, Sasmiati Sasmiati, Riswandi Riswandi

Abstract


The problem in this research was children creativity that has not developed optimally. The research aimed to determine the correlation between media and children creativity development. This research was quantitative with correlational methode. The population were 198 children in RA Ismaria Al-Quraniyyah Bandar Lampung. The sample were 30 children, with proposive sampling technique. Data were collected by using observation to obtain primary data and documentation to complement the secondary data. The data was analyzed by spearman rank correlation. The research showed that there was a significant correlation between media and children creativity development. Therefore, media development can help stimulate children creativity.

Masalah yang diangkat pada penelitian ini adalah kreativitas anak belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media dengan pengembangan kreativitas anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang bersifat korelasional. Populasi penelitian adalah anak di RA Ismaria AL-Quraniyyah Bandar Lampung berjumlah 198 anak. Adapun sampel yang diambil sebanyak 30 anak, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi guna memperoleh data primer dan dokumentasi untuk melengkapi data sekunder, sedangkan data dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi spearman rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang sangat kuat antara penggunaan media dengan pengembangan kreativitas anak usia dini. Oleh sebab itu, penggunaan media perlu lebih ditingkatkan guna membantu menstimulasi perkembangan kreativitas anak usia dini.

Kata kunci : media pembelajaran, kreativitas, anak usia dini


References


Arsyad. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Yrama Widya.

Beghetto, R. A., & Kaufman, J. C. 2014. Classroom contexts for creativity. High Ability Studies, (Online). Vol. 25, 5369. Tersedia di http://dx.doi.org/10 .1080/13598139.2014.905247. diakses 12 Desember 2017

Chan, S., & Yuen, M. 2014. Personal and environmental factors affecting teachers creativity-fostering practices in Hong Kong. Thinking Skills and Creativity, (Online). Vol.12, 6977. Tersedia di http:// dx.doi.org/ 10.1016/j.tsc.2014.02.003. diakses 12 Desember 2017

Devi, F. P. 2015. Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B2 Di TK ABA Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta. (Online). Tersedia di http:// eprints.uny.ac.id. diakses 17 September 2017.

Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif:Mendukung Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Haenilah, E. Y. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Media Akademik.

Ibrahim dan Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Jindal-Snape, D., Davies, D., Collier, C., Howe, A., Digby, R., & Hay, P. (2013). The impact of creative learning environments on learners: A systematic literature review. Improving Schools, 16(1), 2131.

Montolalu. 2009. Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137. 2014. Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Peppler, K. A., & Solomou, M. 2011. Building creativity: Collaborative learning and creativity in social media environments. On the Horizon, (Online). Vol. 19, 1323. Tersedia di http://dx.doi.org/ 10.1108/10748121111107672. Diakses 13 Desember 2017

Rachmawati dan Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.

Richardson, C & Mishra, P. 2017. Learning Enviroments that Support Creativity: Developing the SCALE. Thinking Skills and Creativity, (Online). Vol. 27, 45-54. Tersedia di http://doi.org/10. 1016/j.tsc.2017.11.004. diakses 13 Desember 2017

Runco, M. A., & Jaeger, G. J. 2012. The standard definition of creativity. Creativity Research Journal, (Online). Vol. 24, 9296. Tersedia di http://dx.doi.org /10.1080/10400419.2012.650092. diakses 13 Desember 2017

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sujiono. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini (Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya). Jakarta: Kencana.

Ulfa, M. 2014. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Mengecap Dengan Media Bahan Alam. Jurnal Ilmiah PG-PAUD IKIP Veteran Semarang. (Online). Vol. 1, no 2, hal 1-11. Tersedia di http://e-journal.ikip.venteran.ac.id. diakses 17 September 2017.

Yus, A. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Anak